Donasi Ratusan Mesin Wuling Untuk SMK dan Universitas

28 June 2024 | 8:50 pm | Aldi Prihaditama

Menyambut tujuh tahun kiprah Wuling berkarya di Indonesia pada bulan Juli 2024, Wuling Motors menjalankan program ‘Wuling Bakti Pendidikan’ di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Wuling memberikan mesin ICE (Internal Combustion Engine) kepada sejumlah sekolah kejuruan dan universitas.

Di antaranya 120 unit mesin untuk 98 sekolah kejuruan, dan 2 universitas di Jawa Tengah. Termasuk 120 unit mesin untuk 69 sekolah kejuruan, dan 4 universitas di D.I. Yogyakarta. Selain menyerahkan mesin sebagai objek praktik, diberikan juga modul pembelajaran dan service manual, sebagai panduan kepada para peserta didik.

Transfer pengetahuan

“Dengan tujuan meningkatkan pengalaman belajar praktis siswa di bidang otomotif, kami ingin memfasilitasi transfer pengetahuan dari industri ke pendidik dan siswa, serta mendukung pengembangan tenaga kerja yang terampil dan kompetitif di industri otomotif. Kami berharap kolaborasi ini memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan bagi dunia pendidikan vokasi di Indonesia untuk masa depan yang lebih baik,” kata Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors.

Setiap unit mesin yang diserahkan kepada sekolah, menjadi sarana praktik para peserta didik untuk mengasah keterampilan baik membongkar, maupun memasang kembali komponen mesin tersebut. Sebagai suplemen teori dan panduan, Wuling turut memberikan service manual dan modul pembelajaran, berupa buku kurikulum yang akan membantu para pelajar.

Baca juga :  Presale 2 Tiket IMX 2024 Ludes Diborong

Progres yang signifikan

Wuling mengawali rangkaian program Wuling Bakti Pendidikan tahun ini, dengan memberikan mesin kepada sejumlah sekolah kejuruan dan universitas di provinsi Jawa Tengah. Realisasinya melalui seremoni penyerahan di SMKN 2 Salatiga pada tanggal 26 Juni 2024. Ada sebanyak 120 unit mesin yang diberikan ke 98 sekolah kejuruan, dan 2 universitas di Jawa Tengah.

“Wuling telah membuat progres yang signifikan di daerah ini, membawa dunia vokasi ke arah yang lebih maju. Kerjasama dengan industri adalah sebuah keniscayaan dalam revitalisasi pendidikan vokasi. Tanpa melibatkan industri, pendidikan vokasi tidak akan efektif. Dengan bersinergi, Wuling dan SMK di Jawa Tengah akan semakin maju,” terang Ainun Rojik, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Siap cetak tenaga kerja yang terampil

Wuling meneruskan program ini, dengan acara penyerahan yang diselenggarakan di SMK Muhamadiyah Imogiri pada 27 Juni 2024. Penyalurannya untuk 69 sekolah kejuruan dan 4 universitas di provinsi D.I. Yogyakarta. Tercatat total 120 unit mesin ICE disumbangkan untuk keperluan studi dan praktik siswa di bidang otomotif.

“Semoga fasilitas ini bisa digunakan dengan kreatif, inovatif, dan produktif. Kami berharap SMK terus meningkatkan kerjasama dengan dunia kerja, terutama di bidang otomotif. Untuk menciptakan tenaga kerja yang siap bersaing, dan berkontribusi pada perkembangan industri.” sambut Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., Direktur SMK Kemendikbudristek.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x