Ducati Capai Rekor Penjualan 1 Milyar Euro!

23 March 2023 | 8:35 am | Rizky Dermawan

Tahun 2022 adalah masa yang cukup berat dan tak akan terlupakan bagi industri otomotif. Beragam hambatan menghadang baik sektor produksi maupun penjualan produk. Mulai dari tersendatnya pasokan bahan baku produksi, kelangkaan stok chip semikonduktor, hingga meroketnya harga minyak dunia yang berimbas pada mahalnya harga BBM global.

Meskipun demikian, Ducati berhasil bertahan dan menembus segala rintangan. Strategi produksi dan pemasaran yang dijalankan terbukti berhasil. Angka penjualan Ducati di tahun 2022 pun berhasil mencapai rekor 61.562 unit. Melesat jauh dari tahun-tahun sebelumnya.

Tembus Angka Penjualan 1 Milyar Euro

Pabrikan sepeda motor Italia ini pun dengan bangga mengumumkan dalam jumpa pers di Bologna.

Untuk pertamakalinya dalam sejarah Ducati, angka penjualan tahunan berhasil menembus rekor 1 milyar Euro! Ya, tepatnya €1.089.000.000 atau sekira Rp 18 trilyun.

Terjadi kenaikan sebesar 24% dari angka penjualan di tahun 2021 lalu yang mencapai €878 juta atau setara Rp 14,55 trilyun. Ducati berhasil meraup sukses besar di tahun 2022.

Itu baru sebagian saja, belum angka seluruhnya. Dari sektor layanan purna jual, Ducati berhasil mencatatkan sekitar €109 juta atau setara Rp 1,8 trilyun. Melonjak 77% dari tahun 2021 yang hanya membukukan €61 juta atau sekitar Rp 1 trilyun. Sebuah pencapaian yang sungguh luar biasa.

Baca juga :  All New Honda HR-V SE, Patut Menjadi Varian Favorit?

Keberhasilan yang dicapai oleh Ducati tentunya berkat andil loyalitas para Ducatisti. Produk baru yang inovatif turut memperkuat kesuksesan yang dicapai melalui angka penjualan global.

“Pencapaian yang kami raih dalam keterbatasan industri otomotif global di tahun 2022 merupakan hal yang sungguh luar biasa bagi Ducati Group,” papar Henning Jens, Chief Finance Officer of Ducati.

Perluas Ekspansi Global

Ibarat nelayan, untuk mendapatkan hasil ikan yang jauh lebih banyak, maka harus berani menebar jala yanb jauh lebih banyak di berbagai tempat. Bahkan di tempat yang tak terduga sekalipun

Dan demikian pula dari strategi yanng dijalankan oleh Ducati. Ekspansi dan perluasan jaringan operasional.

Sepanjang tahun 2022 Ducati telah menambah 821 jaringan dealer global di sejumlah negara.

Perluasan target pasar yang dilakukan oleh Ducati merambah pada sejumlah negara yang tak diperhitungkan sebelumnya. Negara seperti Brunei, Ekuador, El Salvador, dan Mongolia kini memiliki dealer Ducati. Dengan demikian kini Ducati memiliki jaringan di 96 negara. Dapat dikatakan, Ducati memiliki jaringan paling luas di antara kompetitor sportbike lainnya.

Jaringan operasional yang kian luas pun dibarengi dengan 8 model baru yang diluncurkan untuk tahun 2023.

Motorsports Mendongkrak Pamor Produk Ducati

Langkah berani yang dilakukan oleh Ducati tersebut bukan tanpa perhitungan matang. Keberhasilan di balap MotoGP dan WSBK 2022 pun jadi pendongkrak pamor produk Ducati.

Baca juga :  600 Unit Mobil VinFast Sudah Dipesan

Ekspansi yang dilakukan oleh Ducati pun merambah  motorports. Ducati akan menjadi pemasok tunggal sepeda motor balap bertenaga listrik untuk seri FIM Enel MotoE World Championship. Laga perdana balap motor tanpa asap ini akan dimulai pada Mei bertepatan dengan gelaran GP Perancis 2023.

“Untuk pertamakalinya dalam sejarah Ducati, kami berhasil menjual lebih dari 60.000 unit sepeda motor dalam setahun. Bahkan kami berhasil menembus rekor penjualan lebih dari 1 milyar Euro. Tahun 2022 adalah pencapaian paling gemilang bagi Ducati dalam berbagai sektor.” ungkap Claudio Domenicali, CEO of Ducati dengan bangga.

Ducati tak lekas puas dengan apa yang telah mereka capai. Masih banyak hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan, khususnya sektor pengembangan produk dan teknologi.

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x