Ducati Monster Senna, Mengenang 30 Tahun Tragedi Legenda F1

10 June 2024 | 1:05 pm | Rizky Dermawan

Ducati Monster Senna, edisi khusus yang diluncurkan sebagai penghormatan sekaligus mengenang 30 tahun meninggalnya sang legenda balap F1, Ayrton Senna.

Bukan tanpa alasan, tapi ikatan antara Senna dengan Ducati terjalin cukup lama. Sportbike pertama yang dimiliki Senna adalah 851 SP yang dihadiahkan kepadanya saat menjadi Juara Dunia F1 di tahun 1990. Bahkan ia turut andil merancang motor Ducati 916 Senna edisi khusus untuknya. Sayang, ia tak sempat melihat motor tersebut.

Ducati Monster Senna

Pemilihan model Monster sebagai edisi khusus Senna bukan lantaran ini adalah motor legendaris Ducati. Salah satu pemilik pertama dari Ducati Monster 900 adalah Ayrton Senna. Ia juga jadi salah satu ikon yang turut mempopulerkan Ducati Monster saat itu. Bahkan dalam sejumlah acara, Senna kerap datang dengan Monster 900 kesayangannya. 

Citarasa Brasil

Karena ini model edisi khusus, maka livery sang Monster pun digarap secara khusus pula. Para perancang dan seniman di studio Centro Stile Ducati berkolaborasi dengan tim dari Senna Brands.

Nuansa warna kuning yang mendominasi pada tangki terinspirasi dari warna helm balap Ayrton Senna yang jadi ciri khas pembalap kelahiran Sao Paolo, Brazil itu. Untuk mewakili elemen warna bendera negaranya, jok dibungkus warna biru.

Sistem suspensi depan dilengkapi garpu fully adjustable lansiran Öhlins. Ditambah kaliper Brembo Stylema warna kuning.

Baca juga :  Great Wall Souo S2000: Inilah Penantang Serius Honda Gold Wing

Sejumlah upgrade komponen pun dilakukan agar sang Monster jadi terlihat lebih spesial.

Tabung silencer knalpot standar Monster pun diganti dengan versi high performance berbahan serat karbon. Pijakan kaki standar juga diganti dengan versi custom berbahan blok billet aluminium. Pelek berbahan forged aluminium pun berdesain khusus. Sepatbor standar diganti versi serat karbon. 

Hasilnya, bobot Monster Senna Edition jadi 4,5 kg lebih ringan dari Monster standar. 

Layar dashboard digitalnya 4.3-inci juga menampilkan grafis unik saat sistem ON. Tentu saja bernuansa Ayrton Senna.

Performa Tak Tersentuh

Meskipun tampilan cukup memikat dengan beragam ubahan, namun sektor performa tak tersentuh. Blok mesin twin Testastretta 937 cc yang dibopong tetap standar dengan output 110 hp.

Ducati Monster Senna dibuat terbatas hanya 341 unit.

Jumlah unit Ducati Monster edisi Ayrton Senna ini hanya 341 unit. Kami yakin bakal jadi rebutan para kolektor dan Ducatisti sedunia. Angka 341 tersebut juga ada maksudnya. Yakni 3 gelar juara dunia dan 41 kemenangan finish podium pertama selama kariernya di balap Formula 1.

Perihal harganya, siapkan dana mulai dari $25.000 atau sekira Rp 406,4 jutaan. Itu harga termurahnya, belum termasuk bea pajak, ongkos kirim dan biaya lainnya.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x