Ducati Panigale V4 R Kerasukan Roh Superbike Dan MotoGP

19 October 2022 | 8:01 am | Rizky Dermawan

Ducati Panigale V4 R dapat disebut sebagai street legal Grand Prix bike.

Mengadopsi atau mungkin lebih tepatnya menyisipkan teknologi motor balap superbike dan MotoGP pada sebuah streetbike, telah menjadi trik para periset dan tim perancang untuk mengimbangi tampilan desain yang memikat. Demikian pula dengan moge Ducati Panigale V4 R.

Motor ini tak hanya tampil layaknya sebuah motor balap, namun motor ini dirancang sebagai road superbike, atau mungkin dapat disebut sebagai street legal Grand Prix bike. Ya, cukup banyak yang mengartikan sematan huruf R di belakang label motor ini sebagai Race, Racing, atau Rennsport yang memiliki makna yang serupa, spek balap.

Desain fairing sesuai regulasi WSBK

Perubahan visual yang ditorehkan pada Panigale V4 R pun lebih mengedepankan sisi fungsionalitas. Salah satu contohnya adalah desain tangki BBM berkapasitas 17liter yang dirancang ergonomis sesuai posisi jepitan kaki dan tangan rider, khususnya saat bermanuver di tikungan maupun ketika melakukan pengereman.

Sirip pembelah angin pun disematkan pada fairing untuk memaksimalkan suplai aliran udara pendingin mesin dan juga meningkatkan gaya aerodinamika. Desain fairing Panigale V4 R memang dirancang sesuai regulasi balap superbike WSBK.

Guna menghasilkan kinerja mesin yang optimal dan efisien dengan output performa yang besar, sejumlah inovasi teknologi dan desain mesin balap pun diterapkan. Setang piston bermaterial titanium ringan dan kuat yang digunakan pun memiliki sejumlah lubang longitudinal yang berfungsi sebagai jalur pelumasan.

Baca juga :  Suzuki Jimny 3-pintu Kena Recall di Indonesia

Teknologi pelapisan Diamond-Like Carbon (DLC) pada permukaan piston mampu meningkatkan ketahanan pada temperatur tinggi dan mengurangi gesekan dengan silinder. Teknologi ini diadopsi dari mesin balap F1 dan MotoGP yang umumnya bekerja pada rpm mesin dan suhu ruang bakar yang sangat tinggi.

Output bisa mencapai 240 hp

Dengan setting mesin dan knalpot standard, mesin V4 berkapsitas 998cc yang diusung memiliki output daya maksimum 207 HP yang dicapai pada putaran mesin 13.500 rpm. Bahkan pada posisi gigi 6, putaran mesin dapat mencapai 16.500 rpm. Jika menggunakan knalpot balap yang dirancang khusus oleh Ducati, performa mesin akan terdongkrak ke angka 237 HP.

Untuk meningkatkan kinerja mesinnya, Ducati dan Shell memformulasikan pelumas khusus untuk Panigale V4 R. Pelumas ini diklaim mampu mereduksi gesekan hingga 10 persen pada metal perangkat mekanis mesin dan meningkatkan performa tenaga sebesar 3,5 HP. Hasil kombinasi dari penggunaan knalpot balap dan pelumas khusus ini akan menghantarkan output hingga 240 hp!

Ada empat mode riding yang dapat dipilih, yakni Low, Mid, High dan Full. Pada settingan Low, output tenaga dipatok di angka 160 hp. Respons throttle pun lebih halus dan jinak untuk menghasilkan pengendaraan yang lebih kalem.

Ducati juga membekalkan sistem manajemen pengereman mesin Engine Brake Control EVO 2 dengan tiga level pengereman. Transmisi 6-speed dengan fitur Quick-Shift untuk memudahkan perpindahan gigi saat di jalur berkelok atau saat melaju pada kecepatan tinggi.

Baca juga :  Honda Racing Gallery, Museum Pembuktian Prestasi Balap Honda

Baru siap diedarkan pada awal tahun 2023

Di bagian kaki-kakinya, sistem suspensi depan dipercayakan pada garpu Öhlins. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan suspensi monoshock lansiran Öhlins yang dipadukan dengan lengan ayun mono-arm berbahan aluminium.

Masih belum cukup dengan kondisi standard? Tersedia paket reduksi bobot motor dengan komponen opsional berbahan serat karbon. Bahkan Anda juga akan mendapatkan paket Pit Stop berupa paddock stand dan pemanas ban.

Perihal harga jual, 2023 Ducati Panigale V4 R dibanderol mulai dari $44.995. Pengiriman perdana motor track ready ini kemungkinan akan dimulai kwartal pertama tahun 2023 mendatang.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x