Ferrari Gandeng Harman Automotive Kembangkan Teknologi Infotaintment Terpadu

23 January 2023 | 8:00 am | Rizky Dermawan

Dua brand yang berada di puncak piramida teratas dari masing-masing bidang yakni otomotif dan audio, Ferrari dan Harman berkolaborasi menjalin kemitraan.

Ferrari tak perlu beriklan panjang lebar. Dengan menyebut namanya saja, bahkan orang yang awam sekalipun paham perihal kualitas dan eksklusifitasnya di dunia otomotif. Sebegitu kuatnya pamor nama Ferrari.

Demikian pula saat orang mendengar nama “Harman”, maka yang dimaksud adalah Harman-Kardon, produsen perangkat audio kelas atas.

Hanya sebagian pecinta audio saja yang mengetahui jika mayoritas saham Harman dipegang oleh Samsung. Selain itu, Harman memiliki sejumlah sub-brand audio high-end ternama dunia. Mulai dari AKG, JBL, hingga Mark Levinson.

Kemitraan dengan Ferrari tersebut tak hanya menguntungkan bagi Harman, namun juga bagi Samsung, dan demikian pula sebaliknya. Lantas, apa yang menarik minat bagi Ferrari untuk menggandeng Harman Automotive?

Sebagai bagian dari Samsung Electronics, maka akses terhadap teknologi elektronika dan multimedia yang dimiliki Harman Automotive sangat lengkap dan luas.

Tak sekadar sistem audio terpadu, namun juga meliputi sistem otomasi, teknologi visualisasi digital, sistem internet dan komputerisasi dan masih banyak lagi.

“Kemitraan antara Ferrari dan Harman Automotive semoga akan membawa kemajuan serta menembus batasan di bidang inovasi dan teknologi bagi kedua merek,” papar Benedetto Vigna, CEO Ferrari.

Baca juga :  Honda dan LG Energy Solution Siapkan Pabrik Baterai EV di AS

Semua Dapat Untung

Hal senada pun diungkapkan oleh Christian Sobottka, President of Harman Automotive. Ditambah, mereka bisa selangkah lebih dekat dengan pengaplikasian teknologi mereka pada mobil balap, terutama di kancah Formula 1.

Yang paling diharapkan oleh Ferrari dari Harman sebenarnya adalah sistem infotaintment multi dimensi terpadu pada kabin kendaraan. Teknologi tersebut dipamerkan oleh Harman Automotive pada Consumer Electronics Show 2023 di Las Vegas pada pekan lalu.

Harman Automotive memadukan sistem terpadu tata audio berkualitas tinggi dengan teknologi visualisasi digital dan virtual bervisi masa depan dalam tema Harman Explore. Seluruh sistem infotaintment terpadu tersebut tak hanya dapat diperbaharui secara daring via teknologi OTA (over the air), namun juga dapat dikustomisasi.

Teknologi infotaintment terpadu Harman tersebut rencananya tak hanya diaplikasikan mobil sport Ferrari. Mobil balap Formula 1 dari tim balap Scuderia Ferrari untuk musim balap tahun ini rencananya akan menjadi proyek percontohan pengaplikasian teknologi tersebut.

Dengan hadirnya Harman Automotive, diharapkan perangkat komunikasi serta telemetri mobil F1 dapat terintegrasi dengan sistem kendali komputer satu paket. Lebih hemat biaya produksi dan memudahkan dalam hal perawatan.

Seperti apa pengaplikasian teknologi dari kedua brand tersebut? Hmm..pasti akan dahsyat.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x