First drive Isuzu MU-X 4WD di GIIAS 2025 tentu menyenangkan. Mobil SUV 7-seater ini nyatanya banyak diminati bos-bos tambang.
Saat ini Isuzu Indonesia fokus pada segmen market komersil, jadi lini produknya dibuat untuk kebutuhan usaha seperti pertambangan dan perkebunan. MU-X 4WD salah satunya, Sport utility vehicle (SUV) dengan sasis ladder frame ini mendapatkan sejumlah pembaruan di bagian eksterior dan interior sehingga menegaskan status ‘The Real Working Partner’.
Dari sisi eksterior, MU-X 4WD New Isuzu mu-X 4WD menawarkan penampilan yang lebih bold dan dinamis, bisa dilihat dari Dynamic Grille dengan desain khas Isuzu dimana pola grille berbentuk hexagonal yang menggambarkan produk Isuzu mendunia.
Kemudian penyematan Dynamic Blades Headlights yang menawarkan efisiensi energi lebih baik namun tetap memberikan penerangan yang lebih maksimal di kondisi gelap, Air Curtain Function membuat tampilan depan menjadi lebih dinamis dan memberikan kesan elegan, dan tidak ketinggalan Embrace Line Rear Combination Lamps yang memberikan pencahayaan lebih maksimal di area belakang.
Selanjutnya untuk interior, tampilan kabin memang tidak semewah SUV sekelasnya. Wajar, mobil ini peruntukannya lebih ke komersil, berbeda dengan para kompetitor yang segmennya lebih ke gaya hidup.
Contohnya pengaturan jok pengemudi dan penumpang depan masih manual menggunakan tuas. Kemudian bagian dashboard juga desainnya sederhana. Meski begitu, kenyamanan jok pengemudi dan penumpang masih terasa nyaman karena ketebalan busanya cukup ideal.
Untuk fitur hiburan tersedia head unit layar sentuh terkoneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Layar touchscreen ini juga berfungsi untuk kamera mundur. Oh ya, untuk kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga juga disediakan ventilasi AC yang bisa diatur secara manual.
Untuk bagasi, jok baris kedua dan ketiga bisa direbahkan datar sehingga memudahkan untuk membawa barang yang banyak. Ini sesuai untuk sebuah mobil SUV komersil.
Performa Mesin Cocok Untuk Area Tambang dan Perkebunan
First drive Isuzu MU-X 4WD di GIIAS 2025 memang tidak melalui trek tanah. Injakan gas pertama yang dilakukan secara spontan terasa cukup besar. Wajar, mobil ini didukung mesin diesel RZ4E yakni 4 silinder dengan turbo berkapasitas 1.900 cc, di atas kertas mampu menghasilkan tenaga 148 hp dan torsi 350 Nm dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan triptonic.
Saat melewati trek speed bump, sistem suspensinya bekerja dengan nyaman. Sepertinya Isuzu meracik suspensinya bisa untuk kondisi berat dan aspal, dalam artian tidak terlalu empuk dan tidak terlalu berat.
New Isuzu MU-X dibekali penggerak 4WD shift-on-the-fly, sehingga pengoperasian transfercase lebih mudah dan menghindari delay saat transisi. Untuk mendukung kenyamanan di trek berat, MU-X 4 WD dilengkapi Rough Terrain mode dan rear differential lock untuk menjaga traksi tetap optimal.
Selebihnya guna memudahkan melewati tanjakan atau turunan, disediakan Hill Start Assist, Hill Descent Control, sampai rem cakram semua roda sudah menjadi standar. Soal harga, Isuzu MU-X 4 WD dijual dengan banderol Rp 658 juta.