Fitur Chery Tiggo 7 Pro Canggih, Tapi…

23 August 2022 | 2:16 pm | Indra Alfarisy

Chery Tiggo 7 Pro mengumbar fitur. Fitur yang canggih meski bukan yang pertama di mobil Tiongkok. 

Kembalinya Chery ke Indonesia bukan tanpa senjata. Seperti diketahui, mereka membawa keluarga SUV Tiggo (Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro) untuk bertarung di pasar mobil tinggi Indonesia, yang sudah sempit ini. Kami sudah membahas apa yang bikin Tiggo 8 Pro terdengar menarik dibanding kompetitornya. Kali ini, giliran Tiggo 7 Pro yang perlu Anda ketahui.

Chery Tiggo 7 Pro dibekali kabin dengan kapasitas lima penumpang. Ini mendudukannya setara dengan Wuling Almaz, DFSK Glory 560 dan MG ZS. Fitur yang dibenamkan di dalam Tiggo 7 Pro juga sebetulnya mepet dengan yang lain. Terutama Wuling Almaz varian RS. Ini karena di dalamnya ada fitur bantu berkendara ADAS yang komplit. Ada cruise control adaptif, lane departure warning, autonomous emergency braking dan sebagainya. Hadir juga kamera 360, perintah suara serta panoramic sunroof.

Beda Ukuran, Sama-sama Punya Mesin 1,5 Turbo

Kami suka turbo! Dan kedua mobil ini dibekali jantung mekanis 1,5 liter dengan empat ruang bakar (silinder). Sayang, Chery Indonesia belum mengumumkan resmi spesifikasi mesinnya. Berkaca dari situs Chery global, Tiggo 7 Pro memiliki tenaga hingga 154 hp. Kalau tidak ada perubahan, Almaz siap-siap kalah karena hanya punya 140 hp. Tapi torsi Almaz yang 250 Nm, itu lebih besar 20 Nm ketimbang pesaingnya.

Baca juga :  Tak Hanya di Kota, Chery Tiggo 5X Mau Diajak Pergi Jauh

Secara dimensi, Tiggo 7 Pro lebih compact. Panjangnya 4.500 mm atau lebih pendek 155 mm dari Almaz RS. Demikian juga dengan jarak sumbu rodanya (wheelbase) yang mencapai 2.670 mm. Sedangkan SUV termahal dari Wuling memiliki wheelbase 80 mm lebih panjang. Apa artinya? Kabin Almaz kemungkinan besar lebih lega dibanding Tiggo 7 Pro.

Canggih Bersaing

Yang bikin kagum adalah, keduanya memiliki fitur kenyamanan yang canggih. Pada Chery, instrument cluster sudah berupa layar digital berukuran 10,25 inci. Untuk multimedia, mengandalkan layar sentuh tujuh inci. Di bawahnya ada layar untuk mengatur AC.

Sedangkan Wuling Almaz RS Indikator di depan pengemudi masih campur sari analog-digital. Tapi, monitor multimedia-nya berukuran 10 inci yang diposisikan vertikal. Di layar ini, pemilik Almaz bukan cuma bisa menampilkan hiburan yang diinginkan, tapi juga mengatur AC, sunroof dan sebagainya. Meski perlu penyesuaian lebih dulu untuk menggunakan, tapi tampilan dashboard Almaz jadi terlihat lebih bersih karena minim tombol. Tidak lupa, kedua mobil Tiongkok ini sudah punya kemampuan wireless charging di konsol tengah, untuk isi ulang gawai.

Yang kami salut juga adalah fitur kamera 360 pada Chery Tiggo 7 Pro. didukung fitur Intelligent Tech HD Reverse Image dengan kualitas 1920 * 720 HD, yang memberikan pandangan lebar, jernih. Otomatis pengemudinya dapat lebih mudah untuk mengamati rintangan di sekitar kendaraan. Jadi alasan pot bunga istri tidak terlihat, bisa diminimalisir. Anda bisa tidur tenang.

Baca juga :  Hyundai Kona Electric 2024 Bisa Dipesan, Harganya Rp 500 Jutaan

Chery Tiggo 7 Pro juga diberikan tuas transmisi yang kekinian. Pergerakannya dikendalikan melalui tuas elektronik. Jadi tidak perlu lagi mendorong tuas terlalu jauh dan gigi D terlewatkan. Mengingatkan kami pada tuas perseneling di mobil mahal seperti BMW atau Mercedes-Benz. Ini yang absen di Almaz RS karena masih menggunakan tuas konvensional. Meski kami sebetulnya lebih suka model ini. Kalau rusak sepertinya lebih mudah diperbaiki.

Jadi apakah lebih baik pilih Chery? Sebelum memutuskan, kami berikan satu pertimbangan lagi. Chery membekali produknya dengan masa garnasi hingga 10 tahun atau satu juta kilometer! Belum pernah ada yang seperti ini. Tapi, ada baiknya kita tunggu berapa harga Chery Tiggo 7 Pro. Katanya mereka akan mulai jualan bulan Oktober 2022. Sabar.   

 

4 4 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x