Ford GT LM Edition, Edisi Perpisahan Terakhir

14 October 2022 | 2:15 pm | Rizky Dermawan

Ford hanya memproduksi 20 unit GT LM edisi khusus.

Sejak penampilan pertamanya di Detroit pada event NAIAS 2015, Ford GT menjadi salah satu mobil sport dari the Blue Oval yang diminati setelah Mustang. Dari target produksi sebanyak 1.000-unit yang direncanakan, Ford Motor Company malah memutuskan untuk menambah lagi produksinya sebanyak 350-unit pada Oktober 2018 lalu.

Meski begitu, akhir tahun ini Ford GT generasi kedua yang diproduksi oleh Multimatic di Kanada ini akan resmi tutup buku. Sebagai kado perpisahan, Ford pun memproduksi 20-unit mobil edisi khusus berlabel Ford GT LM Edition. Hmm… Inikah yang dinamakan malapetaka di dunia otomotif Dunia?

LM Edition bukanlah sekadar menjadi edisi penutup dari jajaran Ford GT, namun sekaligus menjadi memoar atas kemenangan Ford GT di kelas LMGTE Pro pada kejuaraan balap ketahanan Le Mans 24 Hours 2016. Mobil bernomor start 68 yang dipiloti Joey Hand, Sébastien Bourdais dan Dirk Müller berhasil menempati podium juara. Podium ketiga juga ditempati oleh mobil yang sama, mengapit tim balap Risi Competizione Ferrari yang meraih podium 2.

Eksterior mobil edisi khusus ini dilabur dengan warna khusus Liquid Silver dengan body kit serat karbon berwarna merah atau biru yang meliputi splitter depan, side sills, kap mesin, spion dan diffuser belakang. Sementara, velg GT 20-inci berbahan serat karbon dihiasi aksen warna biru atau merah pada barrel dalamnya sesuai pilihan, baut roda titanium, serta dipadukan dengan kaliper rem Brembo berwarna hitam. Di buritan, pipa exhaust ganda berbahan titanium dibuat dengan proses cetak 3D plus sematan emblem GT LM pada bagian atas exhaust tip.

Baca juga :  Suzuki Jimny Horizon, Tanda Berakhir Peredaran Jimny di Jerman?

Interior bermaterial Alcantara dan serat karbon

Ford pun mengemas area interiornya dengan tema warna merah dan biru sesuai warna body kit serat karbon yang dipilih oleh para konsumen. Apapun warna serat karbon pada eksterior yang Anda pilih, baik biru maupun merah, maka jok pengemudi berbahan serat karbon yang dilapisi kulit Alcantara akan tampil senada dengan warna eksterior. Sedangkan jok penumpang menggunakan lapisan kulit Alcantara berwarna Ebony Black dengan aksen jahitan berwarna senada dengan jok pengemudi.

Yang unik, semua emblem LM dan plakat nomor seri edisi khusus yang terpasang pada dashboard dicetak menggunakan printer 3D dan terbuat dari bubuk logam hasil daur ulang kruk-as mesin Ford GT Le Mans 2016 yang menempati posisi tiga. Sangat kreatif dan berselera tinggi. Seluruh unit mobil spesial ini akan selesai diproduksi pada akhir tahun ini. Harganya? Setengah juta dollar alias $500.000 lebih mahal dari versi standarnya untuk setiap unitnya.

Farewell Ford GT…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x