Generasi Pertama Honda Civic Terparkir di Dreams Café, Senayan Park

18 January 2023 | 8:05 pm | Rizky Dermawan

Beberapa tahun belakangan, pesona mobil retro tengah dikenang dadakan oleh para pecinta otomotif. Salah satunya adalah besutan jadul dari Honda. Ragam varian retro Honda ini seakan tak pernah lepas menjadi buruan para kolektor maupun para kalangan berkantong tebal, salah satunya ialah Honda Civic generasi pertama.

Nah, hal mengejutkan datang dari Honda Prospect Motor (HPM) yang turut memamerkan pesona epik dari Honda Civic generasi pertama di Dreams Café Powered by Honda, Senayan Park. Hatchback retro ini akan menjadi display antik mulai dari 16 hingga 19 Februari 2023.

Mobil ini adalah produk kebanggaan Honda yang sukses diperkenalkan dan diproduksi di Jepang mulai tahun 1972 hingga 1979. Honda Civic ini juga diekspor dan dijual di berbagai negara di seluruh dunia.

Untuk mesinnya, mobil ini mengusung mesin berkapasitas 1.200 cc empat silinder segaris, bertenaga hingga 50 hp dan berpenggerak depan. Selain itu, Civic generasi pertama ini juga telah disematkan rem cakram depan, juga wiper belakang. Sedangkan untuk transmisi, hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Pertama kali, mobil ini dilepas ke pasar Amerika Serikat pada tahun 1974 silam, dilengkapi pula mesin baru CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion). Mesin baru ini memberikan peningkatan performa mesin menjadi 52 hp serta memberikan efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga :  Ini Dia Wujud Hyundai Inster EV, Jarak Tempuhnya Bisa 355 Km

Masuk Tanah Air pada 1976

Kemudian di 1976, mulai dijual di Indonesia dan telah memiliki pengguna yang sangat loyal di Indonesia. Hingga saat ini Honda Civic sudah melalui sebelas generasi dan pada tahun 2022 lalu Honda Civic merayakan 50 tahun eksistensinya sebagai model global Honda. Sepanjang tahun 2022 lalu, Honda Civic telah mengumpulkan penjualan retail sebanyak 630 unit di Indonesia.

Generasi pertama ini merupakan model Honda pertama yang menggunakan emblem RS di tahun 1974, dengan desain lebih sporty. Honda Civic RS jadul ini juga menggunakan transmisi 5-percepatan serta mesin yang bertenaga dibandingkan versi standar. Jumlah produksinya pun hanya sebanyak 20.000 unit di seluruh dunia.

Jika Anda penasaran dan ingin melihat langsung penampilan Civic retro ini, langsung kunjungi Dreams Café. Selain menyeruput nikmatnya kopi, Anda juga bisa memandangi Honda RC213V-S Marc Marquez dan mencoba pengalaman interaktif melalui Honda VR Sensing serta wahana Honda Simulator dalam kafe ini.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x