Goodyear ElectricDrive, Ban Standar Mobil Listrik Di Amerika Serikat

16 September 2022 | 3:35 pm | Rizky Dermawan

Goodyear telah menyiapkan inovasi produk ban yang dirancang khusus untuk mobil listrik.

Saat membicarakan ban standar OEM pabrikan otomotif hingga ban balap, maka satu nama yang terlintas adalah Goodyear. Pabrikan ban Goodyear Tire and Rubber Company yang bermarkas di Akron, Ohio, Amerika Serikat  berusia 124 tahun tersebut adalah salah satu industri manufaktur karet dan ban tertua di dunia.

Bahkan saat Ford membutuhkan 1.200 set ban untuk Ford Model T di tahun 1907, pabrikan berlogo ban bersayap tersebut adalah yang pertama dipilih oleh Henry Ford. Kini dengan pertumbuhan industri mobil listrik yang sangat pesat, Goodyear telah menyiapkan inovasi produk ban yang dirancang khusus untuk mobil listrik.

Produk ban standar untuk segala musim Goodyear ElectricDrive dan ban performa tinggi Ultra High-Performance Goodyear ElectricDrive GT saat ini bahkan telah mulai dipasarkan dan tersedia di seluruh wilayah Amerika Serikat. Ban standar segala musim ElectricDrive dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pabrikan mobil listrik bertenaga baterai baik pasar global maupun Amerika Serikat.

Konstruksi dan material ban ini dirancang dengan teknologi SoundComfort untuk mengurangi kadar kebisingan yang dihasilkan oleh pergesekan tapak ban dengan permukaan jalan yang merambat ke dalam kabin. Tapak ban dengan desain asimetris dirancang untuk penggunaan pada kondisi kering maupun basah dan permukaan tapak ban jauh lebih awet.

Baca juga :  MForce Indonesia Ramaikan PRJ Dengan Tiga Model Baru

Ban dengan level tapak V yang diklaim memiliki daya tahan penggunaan hingga 96.000 km ini tersedia dalam ukuran 215/50R17 95V XL dan 215/55R17 94V SL yang cocok digunakan pada sejumlah model kendaraan seperti Nissan Leaf, Chevrolet Bolt dan Volt, serta Kia Niro EV.

Sedangkan ban performa tinggi Ultra High-Performance Goodyear ElectricDrive GT dengan level tapak W yang tahan hingga 64.000 km tersedia dalam ukuran 255/45R19 104W XL, 235/45R18 98W XL dan 235/40R19 96W XL. Pihak pabrikan mengklaim model ban Goodyear ElectricDrive akan mengakomodir lebih dari 44 persen kebutuhan ban mobil listrik di pasar Amerika Serikat saat ini.

4 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x