Hanya 50 Unit Mini Clubman Final Edition Buat Orang Beruntung

16 February 2024 | 6:30 pm | Ifan Ramadhana

Setelah 17 tahun sejak lahir kembali, salah satu varian dari Mini akan dihentikan produksinya yaitu Mini Clubman. Sebagai penghormatan terakhir bagi kepergian Clubman, Mini Indonesia meluncurkan Mini Clubman Final Edition pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. 

Nama Clubman sendiri pertama kali digunakan oleh Mini pada tahun 1969. Sebagai model baru dengan bodi long wheelbase station wagon dua pintu dan pintu belakang dengan jenis split tailgate. Seri Clubman kemudian dibangkitkan pada tahun 2007 untuk Mini modern generasi kedua. 

Perayaan terakhir untuk varian Clubman

Awalnya sendiri desain Clubman cukup unik, dengan pintu samping asymmetrical yang disebut Clubdoor. Kemudian pada generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2015, memiliki bodi yang lebih besar dan dilengkapi dengan pintu pada kedua sisi. Dengan generasi keempat yang diluncurkan pada tahun 2023, Mini memutuskan tidak melanjutkan seri Clubman. 

Oleh karenanya, Mini Clubman Final Edition dibuat sebagai perayaan seri Clubman. Perubahannya terletak pada bagian eksterior dimana terdapat tiga pilihan warna, yaitu Nanuq White, Enigmatic Black, dan Melting Silver. Kemudian terdapat aksen Shimmer Copper di beberapa bagian seperti grille dan side scuttle. 

Velg berukuran 18 inci desain Final Edition dengan warna two tone yang memberikan aksen copper. Kemudian pada bagian samping terdapat grafis khas Mini yang memanjang. Pola yang sama juga terlihat pada sisi samping kap mesin. Tak lupa, pada bagian belakang terdapat tulisan Final Edition dan terakhir pada pilar C terdapat emblem 1 of 1.969. 

Baca juga :  Suzuki India Capai Jumlah Produksi 30 Juta Unit

Banyak bermain warna gelap

Masuk ke dalam terdapat door sills dengan tulisan Final Edition, kemudian tulisan yang sama juga terletak pada bagian bawah setir yang dilapisi kulit Nappa. Jok sport leather Mini Yours dengan warna Dark Maroon, dipadukan dengan kain Piquet berwarna antrasit dan jahitan kontras biru.

Pada bagian instrument cluster berukuran 8,8 inci yang dipadukan dengan unit infotainment yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Pada bagian tengah terdapat trim berwarna gelap yang dipadukan strip trim dalam paduan warna Sage Green Dark dan warna Shimmer Copper. Lagi-lagi, terdapat tulisan 1 of 1.969 yang juga tampil pada karpet serta kunci mobil. 

Di dunia hanya 1.969 unit

Mesinnya menggunakan unit empat silinder 2.0 liter TwinPower Turbo yang bertenaga 189 hp dan torsi puncak sebesar 280 Nm. Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi dual clutch 7-speed. Prestasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 7,2 detik, menuju top speed 228 km/jam. 

Alasan kenapa hanya dibuat 1.969 unit untuk seluruh dunia, ternyata diambil dari tahun kelahiran Clubman yang pertama, yaitu 1969. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1,059 miliar (off the road). “Kami meluncurkan Mini yang selama lebih dari 50 tahun kehadirannya selalu menarik perhatian, yakni Mini Clubman. Untuk menambah eksklusivitasnya, dari 1.969 unit di seluruh dunia, khusus pasar Indonesia mendapatkan 50 unit,” kata Daren Ching, Head of Mini Asia. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x