Harley-Davidson Recall Lebih Dari 1.000 Unit RH975 Nightster

14 October 2022 | 5:52 pm | Rizky Dermawan

Harley Davidson recall produk baru. Masalahnya ada di setang. 

Harley-Davidson Technical Subcommittee pernah merespon laporan keluhan pelanggan yang diterima pada 4 Agustus 2022 lalu perihal setang kiri motor Harley Davidson RH975 Nightster 2022 yang tiba-tiba patah saat sedang berkendara. Satu bulan kemudian, pabrikan yang bermarkas di Milwaukee ini kembali mendapat laporan keluhan pelanggan dengan kondisi serupa. Heran…kok bisa?

Berdasarkan uji laboratorium pada sample yang diambil secara acak, diperkirakan setidaknya terdapat 1,63 persen dari setang Harley Davidson RH975 Nightster yang dipasok oleh Vietnam Precision Industrial No.1 Co. mengalami cacat produksi. Masalahnya ada pada saat proses pengelasan. Data pengujian tersebut kemudian diteruskan kepada Field Action Committee yang kemudian berlanjut ke tingkat Executive Decision Authority.

Pihak pabrikan kemudian memutuskan melakukan recall. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada para pengguna model RH975 Nightster, yang berpotensi mengalami masalah pada setangnya. Tentunya sangat tidak lucu kalau sedang bergaya naik Harley Davidson tiba-tiba setang patah.

Komponen dengan part number 55801154 yang diduga bermasalah dan cacat produksi akan diganti dengan setang pengganti model baru. Tentunya para pemilik sepeda motor terkait tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Tercatat sebanyak 1.074 unit yang masuk dalam daftar recall, diproduksi pada periode 6 Desember 2021 hingga 9 September 2022. Pihak pabrikan menyatakan bahwa RH975 Nightster periode produksi setelah 9 September 2022 tidak masuk dalam daftar recall.

Baca juga :  Berpotensi Jadi Bahaya, Chery Recall Tiggo 5X Pro di Filipina

Jika Anda salah satu pemilik RH975 Nightster yang masuk dalam daftar recall kemungkinan akan segera mendapat surat pemberitahuan resmi mulai 18 – 25 Oktober 2022 mendatang.

Tentang Harley Davidson RH975 Nightster 

Harley Davidson RH975 Nightster adalah produk terbaru pabrikan motor Amerika ini, yang mulai dijual pada bulan April 2022 lalu. Mesinnya keluarga Revolution Engine, yang dilengkapi dengan radiator. Kapasitas silindernya 975 cc. Bertenaga 90 hp, dengan torsi 95 Nm pada 5.000 rpm. 

Secara bentuk, motor ini memiliki segala unsur sebuah sportster yang ‘proper’. Ban lebar, postur rendah, shock breaker belakang double. Setang tinggi. Anda pasti paham. Tapi Nightster punya beberapa keunikan desain. Contohnya, tangki BBM. Yang Anda lihat di hadapan jok adalah box filter udara.

Tangki bensin sebenarnya ada di bawah jok. Bukan tanpa alasan, posisi tangki yang rendah membuat center of gravity lebih rendah. Motor jadi lebih stabil. Dengan catatan, setangnya tidak tiba-tiba patah. 

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x