Hasil Uji Tabrak Hyptec HT Dinilai Baik Oleh C-IASI

26 May 2025 | 5:00 pm | Aldi Prihaditama

Uji tabrak menjadi hal yang mutlak bagi pabrikan kendaraan. Tak terkecuali GAC AION, yang baru saja melakukan uji tabrak untuk Hyptec HT. Pengujian ini diselenggarakan oleh China Insurance Automotive Safety Index (C-IASI). Hasil dari pengujian tersebut dinyatakan baik atau mendapatkan peringkat Good.

Pencapaian ini tentu membanggakan bagi GAC, mengingat uji tabrak ini merupakan salah satu prosedur evaluasi keselamatan paling ketat dan destruktif di dunia otomotif. Pengujian dilakukan di fasilitas R&D milik GAC di Guangzhou. Dengan menerapkan skenario uji tabrak 25 persen bagian depan kanan pada kecepatan 64 km/jam, dan menghantam dinding keras. Ini bukan sekadar tes biasa, tapi simulasi nyata dari kecelakaan paling berisiko yang bisa terjadi di jalan.

Struktur Bodi Tetap Kokoh

Dalam simulasi, pilar A, B, dan C tetap utuh tanpa deformasi. Sedangkan pintu yang terkena benturan tetap dapat dibuka secara normal. Dari hasil uji tabrak terlihat, sub-frame tetap kokoh, sistem baterai tidak terganggu, dan keseluruhan bodi tetap terjaga. Hal ini membuktikan bahwa desain struktur rangka Hyptec HT mampu menyerap, dan mendistribusikan energi hasil tabrakan secara efisien. Tanpa kompromi dengan keselamatan penumpang.

“Gaya akibat benturan dapat disalurkan secara longitudinal ke zona penyerapan benturan (crumple zone). Sedangkan struktur lateral kabin, mengarahkan tekanan ke berbagai titik, untuk menghindari kerusakan langsung pada kabin,” jelas Gu Zongqiang, Insinyur Analisa Struktur GAC.

Pilar A Jadi Proteksi Ekstra

Dapat dilihat, bagian pilar A pengemudi diberikan lapisan proteksi tambahan. Menjadikan struktur bodi Hyptec HT ialah salah satu yang paling tahan tabrak, dalam kategori SUV listrik murni. Hal ini tentu tidak terlepas berkat adanya sabuk pengaman 3 titik dengan pre-tensioner, serta airbag pada 6 sisi mengembang ketika benturan terjadi. Seluruh penumpang mendapat perlindungan optimal.

Baca juga :  Mitsubishi EV Siap Menjadi Penetrator Pasar Mobil Listrik AS

Sistem kemudi dirancang agar turun ke bawah saat terjadi benturan, dan roda depan secara otomatis dapat terlepas dari bodi, guna menghindari cedera pada bagian kaki penumpang depan. Inilah sebuah detail kecil yang mencerminkan perhatian besar GAC pada keselamatan penumpangnya.

GAC Bangun Laboratorium Uji

Hyptec HT jaga menjadi SUV listrik murni pertama yang berhasil meraih sertifikasi keselamatan 3G+ dari China Insurance Research Institute (CIRI). Lebih lanjut, GAC membangun fasilitas laboratorium uji tabrak khusus dengan tiga fokus utama: pengujian komponen struktural (seperti sasis), sistem elektronik dan komputasi, serta simulasi tabrakan penuh kendaraan. Setiap langkah pengujian adalah bagian dari filosofi GAC: menghargai keselamatan setiap jiwa dalam kendaraan GAC.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x