Honda Civic Hatchback Resmi Dipasarkan Di AS

26 September 2024 | 1:00 pm | Rizky Dermawan

Para konsumen di Negeri Paman Sam akan bisa segera meminang mobil lima-pintu Honda Civic Hatchback model tahun 2025.

Tak sekadar dirakit di Amerika Serikat, tapi komponen utama mobil ini pun sudah Made in USA!

Unit mesin bensin berikut motor hybrid diproduksi di fasilitas manufaktur yang ada di Negara Bagian Ohio. Perakitan unit Civic Hatchback dilakukan di Indiana. Berbeda dengan Civic sedan yang Made in Canada.

Lantas apa saja yang menarik dari mobil ini selain konsumsi BBMnya yang diklaim kian ekonomis?

Ada Tiga Varian

Honda Civic Hatchback US-spec yang bakal segera tersedia di dealer Honda seantero AS ini sudah dinantikan kehadirannya. Untuk model tahun 2025 ini bakal tersedia dalam tiga pilihan varian trim.

Varian termurah yakni Sport (non-hybrid) bermesin bensin 4-silinder 2.0-liter dengan transmisi CVT. Konsumsi BBM diklaim hanya butuh 6,9 liter bensin untuk jarak tempuh 100 km. Sama seperti Civic Sedan Sport.

Varian selanjutnya Civic Hatchback Sport Hybrid dan Sport Touring Hybrid. Kedua varian hybrid ini basis mesinnya sama dengan varian Sport, namun diimbuhi modul hybrid Atkinson-cycle.

Konsumsi BBM kombinasi Civic Hatchback hybrid diklaim kisaran 4,9 liter/100 km (1 liter/20,4 km). Hanya selisih tipis dari Honda Civic sedan hybrid yang konsumsi BBMnya 4,8 liter/100 km (1 liter/20,8 km).

Baca juga :  Persaudaraan Terbukti Penting Bagi HACHI

Output performa jelas beda antara bensin biasa dan versi hybrid. Mesin 2.0-liter non-turbo yang varian Sport bertenaga 150 hp dengan torsi puncak 180 Nm. Untuk versi hybrid, tenaganya sedikit lebih besar yakni 200 hp dengan torsi 315 Nm.

Jika ingin versi hatchback yang jauh lebih greget, pilihannya adalah Civic Type R. Dari mesin bensin 2.0-liter turbo mampu menghasilkan tenaga 315 hp dengan torsi puncak 420 Nm.

Penyegaran Tampilan Dan Fitur

Honda Civic di pasar otomotif kawasan Amerika Serikat dan Kanada masih banyak peminatnya. Hanya saja, untuk model terbaru ini pihak Honda berharap Civic sedan maupun hatchback versi hybrid penjualannya bisa mencapai 40 persen.

Oleh sebab itu sedikit sentuhan penyegaran pun dilakukan agar bisa memikat konsumen.

Garnish eksterior bernuansa gelap dan pelek alloy warna hitam jadi tematik pada Civic Hatchback model 2025. Varian hybrid dipermanis dengan dengan moonroof, AC dual-zone dan jok depan berpenghangat.

Pada varian Sport Touring Hybrid masih ditambah lagi dengan sistem infotaintment built-in lansiran Google, dan wireless charger. Layar head unit varian hybrid berukuran 9-inci, lebih besar dari varian non-hybrid yang berukuran 7-inci.

Sistem audio premium lansiran Bose dengan 12-speaker, jok semi sport berlapis kulit dan pelek yang lebih sporty jadi pembeda dari varian Sport Hybrid.

Fitur Keselamatan Ditingkatkan

Perihal fitur, American Honda Motor mengupgrade sistem bantu keselamatan berkendara terpadu Honda Sensing.

Baca juga :  Waspada Terjadi Gejala Rem Blong Pada Mobil

Visibilitas terhadap pemotor dan pesepeda pada fitur Collision Mitigation Braking System with Pedestrian Detection ditingkatkan. Demikian pula dengan fitur Adaptive Cruise Control dan Lane Keeping Assist.

Fitur peringatan dini Forward Collision Warning and Road Departure Mitigation kini terpadu dengan Lane Departure Warning.

Upgrade dan revisi yang tak kalah penting yakni pada penahan seatbelt jok depan dan belakang, serta airbag pada lutut kabin depan.

Untuk harga jual Honda Civic Hatchback di AS sedikit lebih mahal dari Civic sedan. Selisihnya $1.200 atau sekitar Rp 18,3 jutaan. Selain itu varian terendah Civic Hatchback bukan LX seperti Civic Sedan, tapi Sport (non-hybrid)

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x