Honda Civic Type R Pace Car Tampil Di GP INDYCAR 2023

6 March 2023 | 7:00 am | Rizky Dermawan

Kejuaraan grand prix formula ala Amerika Serikat, INDYCAR musim balap tahun 2023 akan segera dimulai. Seri pembuka Firestone Grand Prix of St. Petersburg di Florida akan dihelat pada 3-5 Maret akhir pekan ini. Untuk pertama kalinya, Honda Civic Type R akan menjadi Pace Car yang akan memandu 27 mobil balap peserta berparade mengelilingi trek sepanjang 2,88 km.

Setiap model mobil yang terpilih sebagai “Pace Car” merupakan mobil yang dianggap istimewa di Amerika Serikat. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Civic Type R dan juga Honda.

Persiapan Sebuah Pace Car

Berbagai model mobil Honda telah terpilih sebagai Pace Car di sejumlah seri INDYCAR sejak tahun 2006.

Honda civic type R indycar

All-new Civic Type R merupakan mobil produksi Honda paling perkasa yang pernah dipasarkan di Amerika Serikat. Jadi tak perlu heran dan cukup pantas rasanya jika Civic Type R terpilih sebagai Pace Car. Sejumlah modifikasi khusus disematkan Honda Performance Development pada Civic Type R tersebut.

Pace car Honda

Sistem rem standar diganti dengan spek balap, mulai dari kaliper dan cakram rem hingga selang rem stainless steel. Honda Performance Development pun memasang seat harness empat titik pada jok depan. Seperangkat lampu khusus untuk Pace Car pun dipasang pada Civic Type R tersebut.

Body mobil dilabur dengan livery khusus berkombinasi warna merah dan putih plus tulisan Honda pada bagian depan, samping dan belakang.

Baca juga :  Pameran Otomotif IIMS 2024 Resmi Dibuka

Mobil legendaris ini dibekali mesin 2.0 liter turbocharged berkode (K20C1). Output tenaga maksimumnya 315 hp, sembilan tenaga kuda lebih bertenaga dari model sebelumnya. Torsi maksimumnya pun naik 20 Nm menjadi 420 Nm.

“Civic Type R menyuguhkan performa dan kenikmatan berkendara yang mewakili jiwa motorsport dari para pecinta Honda,” papar Hideki Kakinuma, pimpinan pengembangan global Civic Type R.

“All-new Civic Type R mengusung DNA dan karakter sport yang diwariskan pada setiap generasi. Rancang bangun yang membuat mobil ini nikmat dikendarai di jalan raya maupun trek balap,” imbuh Kakinuma.

Ditemani Honda CR-V

Pada seri pembuka laga INDYCAR di Florida akhir pekan mendatang Civic Type R Pace Car tak tampil sendirian. Honda akan memamerkan CR-V Hybrid edisi khusus yang dibekali mesin hybrid generasi terbaru.

Rancang bangun mesin tersebut berbasis dari mesin hybrid yang digunakan pada mobil balap INDYCAR dan NSX GT-3 Evo22. 

Honda CR-V monster

Para fans Honda tentu tak sabar ingin segera melihat aksi kedua mobil ini di Firestone Grand Prix of St. Petersburg pada akhir pekan ini di Florida.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x