Honda: Musim 2023 Akan Tentukan Masa Depan Marc Marquez

24 March 2023 | 1:48 pm | Indra Alfarisy

Juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez sedang berada di titik prestasi terendahnya. Bukan karena kemampuan, tapi motornya tidak kompetitif, selain ia sendiri kerap didera cidera.

Honda bukannya menutup mata akan kekurangan yang dialami motornya. Yang juga berujung bakal kehilangan salah satu talenta emas di arena MotoGP. Bahkan rumornya, Marquez sedang dilirik oleh Ducati.

Marc Marquez, Sepang 2022. Photo: MotoGP

Alberto Puig, team pricipal Honda Racing dikutip dari El Periodico menegaskan Marquez tidak akan kemana-mana. “Itu hanya rumor. Marc tidak akan kemana-mana. Ia selalu jadi pembalap Honda sepanjang karirnya,” tukas Puig.

Meski begitu, Puig juga sadar, “Kalau kami tidak bisa memberikan motor yang mampu menang, bisa saja kami kehilangan dia. Hasil musim ini akan menentukan masa depannya.”

Bos tim balap Honda ini menegaskan kalau timnya selalu berbuat yang terbaik. Termasuk mencari hal yang bisa diperbaiki. “Saya rasa Marc juga tahu, kami tidak akan berhenti memberikan motor yang dia inginkan,” kata Puig lagi. “Tapi saya tidak tahu kapan hal itu bisa terwujud. Dan saat terjadi nanti, apakah masih belum terlambat untuk mempertahankan Marq.”

Masalahnya Bukan Cuma Motor

Tahun ini, diharapkan Marq Marquez benar-benar fit untuk balapan. Pembalap Spanyol tersebut baru saja menjalani serangkaian operasi untuk mengobati cedera yang didapat setelah beberapa kali terjatuh.

Baca juga :  Tiga Orang Di Balik Perpindahan Lewis Hamilton Ke Ferrari

Marc Marquez, Sepang 2022. Photo: MotoGP

Saat Puig ditanya apakah Marq harus mengubah gaya berkendaranya, “Marc pernah juga jatuh saat mengendarai motor yang terbaik. (Wajar karena) ia pembalap. Dan pembalap selalu mencari batasnya dimana.”

Soal cedera juga dibela oleh Puig. Menurutnya, kalau Anda mengalami cedera yang dialami Marquez, pasti akan ingat seumur hidup. “Tapi bukan berarti ia akan jadi lebih pelan, lebih hati-hati atau kurang agresif. Tapi, seperti yang sering dikatakan belakangan ini, ia akan jadi Marq Marquez yang berbeda.”

Tahun lalu memang suram bagi tim pabrikan Honda dengan motor balap RC213V. Untuk pertama kalinya mereka mengalami gagal mencetak poin. Dalam 40 tahun, baru di balapan Jerman 2022 mereka gagal mencetak poin. Mudah-mudahan, balapan tahun ini lebih cerah. Toh, sekarang Marquez akan berduet dengan Joan Mir, eks rider Suzuki yang juga juara dunia MotoGP 2020.

Untuk informasi, balapan MotoGP 2023 akan dimulai 26 maret 2023 ini. Seri pertama di Algarve International Circuit, Portimao, Portugal.

Sumber: El Periodico

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x