Honda Tampilkan Konsep Kafe Berjalan Pertama Di Dunia Berbasis Mobil Listrik N-Van

26 July 2024 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Tak sekadar dimeriahkan oleh berbagai model kendaraan baru. Namun banyak juga ragam inovasi desain maupun teknologi terbaru yang dipamerkan di GIIAS 2024.

Yang cukup banyak menarik perhatian pengunjung adalah konsep kafe berjalan (mobile café) yang ditampilkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Ini adalah mobile café elektrik pertama Honda di dunia. Mobil listrik Honda N-VAN EV Prototype yang menjadi basis model dimodifikasi dengan tampilan yang menarik.

Dalam pengerjaan Honda Dreams Café Mobile ini, mereka menjalin kerjasama dengan perusahaan manufaktur karoseri mobil niaga, Karoseri V-Clas yang dikelola PT. Cipta Laksana Armada Selaras.

Untuk minuman dan makanan yang disajikan oleh Honda Dreams Café Mobile selama ajang GIIAS 2024 disediakan oleh salah satu brand kopi lokal ternama di Indonesia yakni Dua Coffee. Ada dua menu khusus yang disajikan di Honda Dreams Café Mobile, yakni “E-Latte-Fy” dan “Eco-spresso”. Nama kedua menu sajian kopi tersebut diambil dari kata “electrify” dan “eco”. Dua kata tersebut sangat mewakili tema mobil listrik yang ramah lingkungan.

Proyek inovasi Honda Dreams Café Mobile merupakan upaya Honda untuk melakukan studi dan sosialisasi penggunaan mobil listrik di Indonesia.

Selain dijadikan sebagai kafe berjalan, Honda juga menjalin kerjasama dengan Pertamina dalam melakukan studi dan riset penggunaan mobil listrik N-Van EV Prototype sebagai moda transportasi pengiriman logistik ke berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga :  EQS Selesai, Halo Mercedes-Benz S-Class EV!

“Honda Dreams Café Mobile menggunakan Honda N-VAN EV Prototype, sehingga memungkinkan kami untuk membawa berbagai inovasi Honda ke lebih banyak tempat. Selain itu, Honda Dreams Cafe Mobile juga menyebarkan kegembiraan sambil menjadi sarana edukasi,” terang Yessy Anastasia, selaku PR & Event Department Head PT HPM

Modifikasi Luar Dalam

Mobil listrik Honda N-VAN EV Prototype dikembangkan dari mobil komersial Honda N-VAN yang telah sukses dipasarkan di Jepang.

Berbagai ubahan dilakukan pada bagian eksterior maupun kabin. Untuk bagian eksterior, modifikasi dilakukan pada bagian atap dengan tambahan kanopi, lampu untuk penerangan area luar mobil, serta kursi dan meja portabel yang bisa dilipat.

Livery stiker pada bodi yang didominasi warna merah dan hitam merupakan ciri khas dari Dreams Café. Elemen pendukung seperti ikon gelas, biji kopi, dan kabel listrik pada grafis livery kian menguatkan citra dari kafe berjalan bertenaga listrik ini.

Area kabin mobil listrik ini pun dimodifikasi untuk menunjang fungsinya sebagai warung kopi berjalan. Ruang kargo disulap menjadi dapur. Lengkap dengan mesin espresso dan pendingin minuman, ruang penyimpanan bahan makanan serta peralatan lainnya.

Seluruh daya listrik yang digunakan selama operasional Honda Dreams Café Mobile didukung oleh Honda Power Exporter e: 6000.

Perangkat daya listrik eksternal portabel ini berfungsi sebagai konverter listrik. Daya baterai mobil yang berarus DC (Direct Current) diubah menjadi listrik berarus AC (Alternating Current), sehingga dapat digunakan sebagai sumber daya untuk berbagai peralatan elektronik.

Baca juga :  Siap-siap Akan Ada Merek EV Baru di Indonesia

Konsep desain Honda Dreams Café Mobile saat ini masih sebatas percontohan. Namun pastinya bisa diaplikasikan di masa depan. Bukan tak mungkin jika nantinya kita bakal melihat mobil ini mulai beroperasi di Indonesia, bahkan di dunia.

Selama perhelatan GIIAS 2024, para pengunjung dapat menyambangi Honda Dreams Café Mobile yang ada di booth Honda. Tepatnya di hall 6B, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x