Terungkap, Begini Spesifikasi Honda Civic Type R Terbaru

1 September 2022 | 3:30 pm | Indra Alfarisy

Honda singkap spesifikasi Honda Civic Type R terbaru. Pastinya makin bertenaga dengan ban yang lebar sekali. 

Saat Honda Civic Type R diperkenalkan bulan Juli lalu, pabrikan Jepang itu masih menyelubungi spesifikasi lengkapnya. Tapi hari ini selubung itu dibuka dan kemampuan hot hatch ini ternyata mampu bikin kami penasaran. 

Honda Civic Type R 2022 (kode FL5) diberikan mesin dengan turbocharger KC20C1. Ini sebetulnya mesin yang sama dengan Civic Type R sebelumnya (FK8). Tapi Honda melakukan tuning ulang sehingga sekarang tenaganya 326 hp dengan torsi 420 Nm. Ini naik sepuluh tenaga kuda dan 20 Nm. Tapi, ini adalah spesifikasi untuk pasar Jepang. 

Di Amerika Serikat, yang punya aturan emisi lebih ketat, tenaganya disunat jadi 315 hp. Untung torsinya masih sama-sama 420 Nm. Tentunya ini karena adanya penyesuaian pada ECU dan beberapa komponen supaya bisa lulus uji emisi. Tapi tetap saja, angka itu adalah kemajuan sekitar sembilan tenaga kuda dan peningkatan torsi sebesar 20 Nm. 

Lalu, apa saja yang bikin tenaganya melonjak begitu? Honda memberikan sistem turbocharger baru, demi memberikan tekanan yang pas di setiap putaran. Tepatnya mengganti ukuran, bentuk dan jumlah bilah turbin. Demikian juga perubahan intake yang akan mengoptimalkan aliran udara. Bagian exhaust juga diubah dengan model straight pipe. Untuk memerdukan suara, dipasang juga Active Sound Control. Suara palsu mungkin, tapi oke untuk menggenjot adrenalin. 

Baca juga :  Volvo Stop Bikin Mobil Bermesin Diesel

Ban Super Lebar

Di area lain, Honda Civic Type R kini memiliki grill yang lebih lebar. Ini membuat radiator bekerja lebih efisien karena mendapatkan udara yang lebih banyak untuk pendinginan. Tentu dengan tenaga lebih besar, perlu pendinginan yang lebih mumpuni. 

Transmisinya dibekali flywheel yang lebih ringan dan sistem rev matching. Yang terakhir itu sangat berguna untuk proses down shifting (pindah ke gigi rendah) supaya putaran mesinnya tidak lompat berlebihan. 

Selain itu, sektor kaki-kaki ikut diperbaharui. Pertama kekakuannya ditambah. Supaya tidak lemah saat bermanuver. Civic brutal ini tetap menganut setup multi link di belakang dan MacPherson strut di depan, tapi di-setting ulang agar beloknya bisa semenyenangkan lontaran tenaga. 

Honda kemudian mendekati Michelin untuk menyediakan ban Pilot Sport 4S berukuran 265/30 R19. Lebar sekali bannya. Gara-gara ban lebar itu, jarak pijak (track) Civic Type R baru melebar 25 mm di depan. Buritannya makin lebar 17,5 mm. 

Honda Civic Type R ini tetap akan dirakit di pabrik Honda di Yorii, Jepang. Tapi mesinnya dibuat Amerika. Tepatnya di pabrik Sidney, Ohio. Mau? Kami mau sekali. 

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x