Hyundai Bakal Kembali Berlaga Di Pikes Peak 2024

22 March 2024 | 6:56 am | Rizky Dermawan

Laga balap bergengsi Pikes Peak International Hill Climb 2024 hanya tinggal hitungan bulan. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-102. Banyak pabrikan maupun privateer yang berpartisipasi. Salah satu brand yang cukup punya taji di Pikes Peak adalah Hyundai. Sejak tampil terakhir kali di tahun 2018, Hyundai bakal kembali berlaga di Pikes Peak 2024.

Siapa sangka jika brand otomotif asal Korea Selatan ini telah 32 tahun ikut berpartisipasi di rally Pikes Peak.

Hyundai vs Puncak Gunung

Hyundai Pikes peak

Tahun 1992 merupakan laga perdana Hyundai dengan mobil balap SCoupe Turbo. Pereli kawakan Rod Millen berhasil mencapai finish dalam waktu 13 menit 21,17 detik. Catatan waktu yang cukup cepat saat itu sebagai juara di kategori 2-wheel drive Showroom Stock. 

Millen kembali berlaga di tahun 1993. Ia membesut Hyundai Elantra dan menempati posisi 2 di kategori Open dengan catatan waktu 11 menit 57,34 detik. Kini giliran Elantra yang penjualannya laris manis.

Rhys Millen, putera dari Rod Millen turut mengharumkan nama Hyundai pada laga Pikes Peak tahun 2013 dengan mobil balap Hyundai PM580T. Ia berhasil menempati posisi 2 di kategori Unlimited. Catatan waktunya 9 menit 02,192 detik.

Prestasi terakhir Hyundai di ajang Pikes Peak ditorehkan Rhys Millen pada tahun 2017. Dari dua unit Hyundai Genesis Coupe tahun 2012 modifikasi balap yang diterjunkan di kategori A1, hanya Rhys yang mencapai finish dan jadi juara. Trek menanjak sepanjang 19,99 km dengan 156 tikungan berhasil dilibas dalam waktu 09 menit 47,427 detik.

Baca juga :  Apakah Lexus LBX Morizo RR Bakal Masuk Jalur Produksi?

Hyundai Siapkan Skuad Baru

Hyundai telah siap menghadapi laga Pikes Peak 2024 yang akan berlangsung Juni mendatang di Colorado Springs.

Skuad baru berkekuatan empat unit mobil balap telah disiapkan. Tiga pilot yang bakal berlaga merupakan pereli veteran dan jawara di Pikes Peak.

Yang pertama yakni Paul Dallenbach. Ia sudah 11 kali jadi juara di Pikes Peak dan jadi juara umum di tahun 1993.

Selanjutnya ada Robin Shute. Pereli yang empat kali juara dan merupakan salah satu “King of the Mountain”. Gelar tertinggi Pikes Peak.

Pereli dari tim Hyundai Motorsport, Daniel “Dani” Sordo  bakal membesut mobil ketiga. Ia adalah juara rally WRC Spanyol.

Nama keempat untuk saat ini belum diumumkan. Demikian pula dengan detail dari keempat mobil balap yang bakal diturunkan. Masih rahasia.

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x