Hyundai Group Sikat Tiga Penghargaan ‘World’s Best’

11 April 2023 | 12:43 pm | Rizky Dermawan

Pada acara penganugerahan World Car of the Year Award yang tahun ini merupakan perhelatan ke-20 dipenuhi sejumlah kejutan. Dan untuk tahun ini nampaknya Hyundai Group adalah bintangnya.

Pada pembacaan pengumuman yang berlangsung di New York 5 April lalu, tanpa diduga, SangYup Lee yang menjabat sebagai Hyundai and Genesis Head of Design dinobatkan sebagai Person of the Year 2023.

Kia yang merupakan bagian dari Hyundai Group pun mendapat penghargaan. Kia EV6 GT berhasil meraih  penghargaan untuk kategori World Performance Car of the Year. Padahal, yang sebenarnya diprediksi bakal meraih penghargaan di kategori ini adalah Hyundai Ioniq 6. Namun dugaan ratusan jurnalis seluruh dunia yang hadir meleset.

Ternyata Ioniq 6 justru meraih level penghargaan tertinggi yakni World Car of the Year! Dua mobil listrik finalis yang dijagokan yakni BMW X1 dan Kia Niro kalah pamor. Tak hanya itu, Hyundai Ioniq 6 bahkan juga menyabet gelar untuk kategori World Electric Vehicle, mengalahkan BMW i7 dan Lucid Air.

Sungguh luar biasa, Hyundai Group dengan bangga berhasil membawa pulang 4 penghargaan di tahun ini.

Hyundai Ioniq 6 mengikuti jejak kesuksesan Ioniq 5 yang telah lebih dahulu meraih predikat World Car of the Year dan World Electric Vehicle of the Year.

Sebenarnya, syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk dapat masuk dalam nominasi mobil terbaik sedunia ini?

Baca juga :  Omoda 7 Lahir Dengan Teknologi PHEV, Mesin Bensin Belakangan

Syarat pertama yang harus dipenuhi yakni kapasitas produksi yang minimal sebanyak 10.000 unit/tahun. Harga jual kendaraan harus cukup terjangkau dan lebih murah dari model mobil premium di pangsa pasar utama masing-masing pabrikan dan model mobil yang dinominasikan.

Syarat Masuk Nominasi

Mobil yang akan dinominasikan pun harus sudah dipasarkan di dua kawasan pasar otomotif besar yang ada di dua benua berbeda selama periode 1 Januari 2022 hingga 30 Maret 2023.

Syarat tersebut baru untuk calon nominasi. Untuk para calon finalis, masih ada sejumlah syarat lainnya.

Para juri akan melakuan sesi test drive setidaknya pada dua kesempatan berbeda. Nantinya daftar nominasi finalis akan dibagi ke dalam 8 kategori. Ulasan hasil test drive yang dilakukan oleh para jurnalis pun turut menjadi poin pertimbangan yang cukup menentukan bagi para juri.

Sederet kategori yang ada pada anugerah penghargaan World Car of the Year tak hanya disesuaikan dengan jenis kendaraannya saja. Namun lebih diutamakan pada fungsi kendaraan tersebut bagi para konsumen. Ya, setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda walau untuk sebuah model mobil yang sama.

Dan penghargaan ini menjadi acuan bagi para konsumen dalam menentukan mana mobil yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan. Hyundai Ioniq 6 memang layak untuk meraih predikat sebagai mobil terbaik di dunia. Congratulations Hyundai Ioniq 6…. Bravo…!

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x