Hyundai Kona Electric Menggetarkan Panggung GIIAS 2024

17 July 2024 | 8:24 pm | Rizky Dermawan

Setelah para calon konsumen dibuat penasaran, akhirnya PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi merilis harga Hyundai Kona Electric. Banderolnya diungkap secara resmi hari ini (17/7/2024) pada pameran GIIAS 2024, di ICE BSD, Tangerang.

“Hyundai Kona Electric hadir di Indonesia dalam lima varian, dan sembilan pilihan warna termasuk two tone. Dan kini kami umumkan harga resminya,” papar Chief Operasional Officer, Fransiscus Soerjopranoto.

Sarat Fitur Unggulan

Mobil crossover EV terbaru ini dibekali beragam fitur modern dan canggih. Salah satunya yakni update software yang lebih cepat dan praktis via metode over-the-air (OTA) update. Fitur unggulan lainnya yakni kamera 360 derajat.

Layout dashboardnya pun cukup unik. Cluster speedometer nampak menyatu dengan layar AVNT (Audio, Video, Navigation, Telematics). Berbagai informasi dan kebutuhan fitur saat berkendara dapat diakses melalui layar AVNT ini.

Salah satu kelebihan lain dari Kona Electric yang muncul di GIIAS 2o24 adalah jarak tempuhnya. Untuk varian tertinggi bahkan bisa mencapai 600 km.

Kona Electric dibekali dengan kemampuan konektivitas melalui Hyundai Bluelink versi terbaru. Fitur baru lainya yang tak kalah menarik yakni View Around My Vehicle. Fitur yang memanfaatkan kamera 360 derajat ini akan memantau situasi di sekeliling mobil. Sangat berguna saat mobil sedang diparkir. Atau ditinggal dalam jangka waktu lama.

Baca juga :  Fokus HSR Untuk Desain Velg Sesuai Tren dan Pasar

Kemampuan V2L (Vehicle to Load) juga dimiliki Kona Electric seperti pada Ioniq 5 dan 6. Fitur V2L ini menjadikan Kona sebagai sumber daya listrik darurat, kurang lebihnya mirip genset. Daya listrik dari Kona Electric cukup untuk peralatan listrik rumah tangga.

Penyaluran daya listrik bisa menggunakan soket yang ada di dalam maupun luar mobil.

Tak hanya mobilnya saja yang sudah dirakit lokal di Indonesia. Kona Electric menjadi mobil listrik pertama yang pakai baterai lithium-ion buatan lokal.

Baterai yang digunakan merupakan hasil kolaborasi Hyundai Motor Group, LG Energy Solution, dan Indonesia Battery Corporation (IBC) yang berproduksi di Karawang, Jawa Barat. Kemitraan bersama ini bernama PT Hyundai LG Industry Green Power.

Bagi pengguna Kona Electric tidak perlu keluar biaya untuk melakukan pengisian daya baterai di charging station Hyundai yang tersebar di beberapa tempat. Program ini berlaku selama satu tahun. Selain itu, konsumen tak hanya mendapat garansi baterai, tapi juga gratis biaya perawatan berkala kendaraan dalam waktu yang ditentukan (syarat dan ketentuan berlaku).

Harga Rp 500 Jutaan

Seperti yang telah telah diprediksi sebelumnya, harga Hyundai Kona Electric berada di kisaran Rp 500 jutaan, seperti diumumkan saat GIIAS 2024.. Bahkan proses pra-pemesanan sudah dibuka sejak awal Juni 2024 lalu.

Dan benar saja, varian termurah yakni Kona Electric Style dibanderol Rp 499 juta. Kemudian naik satu level yakni Prime Standard Range, harganya Rp 515 juta.

Baca juga :  Land Rover Bangkitkan Nostalgia Defender V8 Original

Tiga varian lainnya yakni Signature Standard Range (Rp 575 juta), Prime Long Range (Rp 560 juta), dan Signature Long Range (Rp 590 juta). Seluruhnya harga on the road Jakarta.

Mobil ini dibekali dua pilihan baterai, yakni 48,4 kWh dan 65,4 kWh. Ada tiga pilihan jarak tempuh yakni 400 km, 500 km dan 600 km. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x