Hyundai Santa Cruz Model Terbaru, Makin Keren Kata Yang Bikin

1 April 2024 | 1:31 pm | Rizky Dermawan

Pameran otomotif New York International Auto Show didominasi pabrikan dalam negeri AS. Namun nyatanya tahun ini yang jadi bintang adalah Hyundai. Salah satu produk terbaru yang menyita perhatian adalah midsize pickup Santa Cruz.

Dari tampilannya, Hyundai Santa Cruz memadukan utilitas pickup dan kabin ala crossover. Seperti pickup Honda Ridgeline yang cukup populer di AS.

Versi facelift ini mengalami ubahan terbanyak di area depan. Celah antar bilah grille kini lebih besar. Guratan garis grille pun lebih kekar. Desain lampu depannnya membuat tampilan lebih garang. Wajah baru yang sangat kental dengan gaya Tucson.

Hyundai mengimbuhkan aksen plat pelindung kolong bodi. Apakah sebatas pemanis tampilan atau memang pelindung sungguhan masih jadi pertanyaan.

Sang Primadona

Varian Santa Cruz yang paling diminati adalah XRT. Selain fiturnya paling lengkap, kemampuan off-roadnya segarang tampilannya.

Pada model tahun 2025 tipe XRT dibekali bumper depan dan belakang dengan desain yang spesifik dan beda dari varian lainnya. Contohnya grille XRT bernuansa warna hitam plus tow hook. 

Velg 18-inci desainnya unik, palang velg mirip kunci pas. Agar kian pede melahap trek off-road, velg dibalut ban all-terrain ukuran 245/60R 18.

Pembaruan Interior

Seperti halnya Tucson, interior dan fitur yang dibekalkan pada Santa Cruz turut mengalami pembaruan. Desain jok kini lebih sporty dari sebelumnya. Khusus untuk varian XRT, jok diimbuhi logo khusus.

Baca juga :  MMKSI Punya Strategi Apa Untuk Penetrasi Pasar di 2024?

karena ini mobil pickup multiguna, pengemudi butuh tombol fisik yang kepraktisannya terbukti dalam menunjang respon pengaturan cepat dibanding ikon fitur pada layar digital.

Santa Cruz kini memiliki opsi layar head unit panoramik. Panel instrument di balik setir dan penampil fitur multimedia infotaintment masing-masing dilayani layar sentuh digital 12.3-inci. 

Soal fitur multimedia, Santa Cruz dibekali Apple CarPlay dan Android Auto dengan update software via over-the-air (OTA). Khusus untuk varian XRT kini dilengkapi fitur surround view dan blind-spot monitor.

Spek Mesin Tak Berubah

Seperti sebelumnya, mesin bensin 4-silinder 2.5-liter non-turbo output tenaganya 191 hp dengan torsi puncak 245 Nm. Bagi yang ingin performa lebih, mesin 2.5-liter turbo output tenaganya 281 hp dengan torsi 422 Nm.

Varian dengan mesin non-turbo memiliki kemampuan tarik 1.588 kg (1,5 ton). Versi turbo mampu menarik beban hingga 2.268 kg (2,2 ton) dan dilengkapi penggerak all-wheel drive (AWD).

Kedua varian mesin tetap bertransmisi automatic kopling ganda 8-speed. Namun rasio gigi transmisinya disetting ulang. Penyaluran daya dan torsi ke roda kini kian responsif berkat multidisc hydraulic torque converter. 

Harga Hyundai Santa Cruz model tahun 2025 untuk saat ini belum diumumkan. Kalau sudah ada nanti kami update halaman ini. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x