IIMS 2024 Catatkan Transaksi Rp 3,1 Trilyun Dalam 9 Hari

26 February 2024 | 7:00 am | Rizky Dermawan

Perhelatan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta hari ini memasuki puncaknya.

Penyelenggaraan tahun ini tetap meriah meskipun bertepatan dengan PEMILU. Dari segi pencapaian target transaksi memang tak seperti penyelengaraan tahun 2023 lalu.

Sebagai perbandingan, pada IIMS tahun 2023 yang berlangsung selama 11 hari membukukan total transaksi senilai Rp 5,3 trilyun. Angka penjualan kendaraan bermotor pada IIMS tahun 2023 tercatat sebanyak 15.622 unit.

Pada tahun ini total nilai transaksi selama 9 hari penyelenggaraan IIMS baru tercatat sebanyak Rp 3,1 trilyun.

“Nilai transaksi masih akan terus bertambah. Laporan data penjualan peserta selama pameran belum semuanya masuk,” papar Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/2/2024).

Meski pencapaian selama 9 hari terbilang jauh dari yang ditargetkan yakni Rp 5 trilyun, hal tersebut dapat dimaklumi. Saat ini konsumen dan para pelaku pasar lebih memilih untuk menahan diri. Situasi politik nasional Indonesia yang saat ini sedang hangat terkait adanya PEMILU Pilpres menjadi salah satu pemicunya.

Kenaikan harga komoditi pangan jadi faktor lain yang membuat sebagian konsumen memilih untuk menunda niatan membeli kendaraan bermotor.

Pameran otomotif seperti IIMS hanyalah salah satu bentuk wahana yang menjembatani antara produsen dengan konsumen. Pihak pabrikan otomotif dan agen pemegang merk (APM) memamerkan produk mereka. Konsumen dan pengunjung IIMS akan mempertimbangkan produk mana yang dirasa cocok bagi mereka.

Baca juga :  BYD Siap Bikin Mobil Listrik Secara Lokal

Banjir Promo Untuk Pikat Konsumen

Sebanyak 188 peserta termasuk 53 brand otomotif turut berpartisipasi dalam event IIMS tahun ini. Berbagai pabrikan memamerkan beraneka produk terbaru termasuk kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4). Banjir paket promo, bonus dan cashback jadi magnet yang memikat para calon konsumen.

Promo cashback dan diskon paket aksesoris yang ditawarkan kepada konsumen selama event IIMS terbukti manjur menggaet konsumen.

Jika dihitung-hitung, harga setelah cashback plus diskon paket aksesoris tetap lebih murah dari harga normal tanpa paket aksesoris tambahan.

Iims 2024

Sebagian besar pengunjung IIMS mengungkapkan hal senada. Menurut mereka, dengan adanya cashback maka selisih harga dapat dialihkan untuk menambah paket aksesoris yang juga didiskon selama IIMS.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x