Inilah Finalis FORWOT Cars dan Motorcycles of the Year 2023!

18 December 2023 | 8:30 pm | Aldi Prihaditama

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali mengadakan pemilihan mobil dan sepeda motor terbaik, setelah sempat vakum selama 3 tahun terakhir. Sebagai bagian dari mendorong percepatan penggunaan kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan, pada gelaran tahun ini pun ada penambahan kategori baru.

Cars of The Year 2023 memiliki satu pemenang pada masing-masing 3 kategori, yakitu ICE (Internal Combustion Engine), HEV (Hybrid Electric Vehicle), serta BEV (Battery Electric Vehicle). Sedangkan untuk sepeda motor, terdapat kategori ICE dan sepeda motor listrik.

Adanya apresiasi teknologi elektrifikasi

“Hadirnya kategori-kategori baru, tentu tidak lepas dari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lewat penghargaan ini pula, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” tukas Indra Prabowo, selaku Ketua Umum FORWOT.

Seperti pada pelaksanaan sebelumnya, para anggota FORWOT menghimpun mobil dan sepeda motor yang diperkenalkan sejak Januari 2022 sampai Oktober 2023. Selama periode tersebut FORWOT mengumpulkan 88 model kendaraan untuk penilaian FORWOT Cars of The Year 2023 (FCY 2023). Sebanyak 55 model mobil ICE, 16 mobil berteknologi HEV, dan 17 model BEV.

Untuk FORWOT Motorcycles of The Year 2023 (FMY 2023), ada 59 model yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023. Yang mana 15 model di antaranya merupakan sepeda motor listrik.

Baca juga :  MMKSI Punya Strategi Apa Untuk Penetrasi Pasar di 2024?

Respons baik dari pasar otomotif Indonesia

“Kehadiran kendaraan elektrifikasi direspons baik oleh pasar dan terbukti penjualannya mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, terlihat ada pertumbuhan tren SUV dari berbagai ukuran, mulai dari small, compact, medium, hingga large,” papar Mufrod, Ketua Bidang Roda Empat FORWOT dan Ketua Dewan Juri FCY 2023.

Serupa dengan kendaraan listrik roda empat, terbukti geliat pasar kendaraan listrik roda dua pun mengalami tren positif. “Biaya operasional yang relatif rendah menjadi salah satu alasan masyarakat mulai beralih menggunakan sepeda motor listrik,” imbuh Ainto Harry Budiawan, Ketua Bidang Roda Dua FORWOT dan Ketua Dewan Juri FMY 2023.

Hari ini (18/12), FORWOT mengumumkan 25 kendaraan (baik roda empat maupun roda dua) favorit. Penyaringan ini telah melalui beberapa aspek penilaian (Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara, serta Harga). Pengumuman para pemenang dari masing-masing kategori akan diselenggarakan pada 22 Desember 2023 nanti.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x