Isuzu Elf EV Masih Tahap Studi Untuk Indonesia

19 August 2022 | 8:06 pm | Aldi Prihaditama

Isuzu Elf EV hadir dengan fungsi dan performa yang dibutuhkan seluruh kendaraan komersial.

Pada gelaran otomotif GIIAS 2022, menjadi kesempatan bagi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk menampilkan truk niaga ringan dengan penggerak motor listrik berbasis baterai, yakni Isuzu Elf EV. Namun, seperti yang kami duga sebelumnya, truk canggih itu belum dijual ke pasar Tanah Air, karena Elf EV merupakan prototipe yang dibuat oleh Isuzu Motor Limited di Jepang.

“Isuzu Elf EV didatangkan ke Indonesia untuk melihat respons masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik dan kebutuhannya seperti apa,” kata Marketing Division Head PT IAMI, Attias Asril. Jadi, Isuzu Elf EV merupakan bukti bahwa Isuzu sudah mempersiapkan kendaraan niaga berbasis baterai. Sehingga inilah langkah selanjutnya dalam hal zero emission, terutama di sektor logistik.

“Tahun ini, produsen kendaraan komersial, khususnya yang ada di Jepang, memperlihatkan kalau kendaraan listrik atau EV sudah dalam pengembangan. Oleh karenanya, kini justru sedang mencari feedback,” imbuhnya. Salah satu langkah untuk mendapatkan feedback ialah dengan ditampilkan di pameran otomotif yang berskala besar. Jadi untuk pasar lokal, dapat diketahui kebutuhannya seperti apa, apakah memungkinkan dengan penggunaan truk listrik.

Isuzu dikenal lama sebagai produsen kendaraan yang jago dalam hal mesin diesel. Bahkan di Indonesia, Anda sering mendengar bahwa Isuzu kerap dikaitkan dengan panggilan ‘Rajanya Diesel’. Seiring dengan diperkenalkannya truk Elf EV, maka pabrikan yang bermarkas di Nishi-ku, Yokohama, Jepang ini mulai melirik pengembangan kendaraan komersial berbasis tenaga listrik.

Baca juga :  VW ID. Buzz Ini Jadi Versi Reborn Kombi Dakota

Salah satunya mereka tunjukkan pada sosok Isuzu Elf EV yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dan sempat dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 silam. Elf sudah lama melayani segmen light duty truck dan memberikan banyak nilai kepada konsumennya. Elf EV hadir lengkap dengan fungsi dan performa yang dibutuhkan seluruh kendaraan komersial.

Salah satu wujud ekspansi Isuzu ke bidang kendaraan komersial elektrik adalah dengan memperkenalkan Elf EV. Truk ini menggunakan teknologi motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 kW atau setara dengan 201 PS. Sedangkan baterai yang digunakan adalah tipe Lithium-ion yang mampu membawanya melaju hingga 100 kilometer setelah terisi penuh. Dengan tenaga sebesar itu, daya angkut maksimalnya mencapai 3 ton.

Selain fitur utama motor listrik, Elf EV ini juga mengusung beberapa fitur unggulan. Mulai dari kursi putar yang memudahkan pengemudi untuk akses masuk maupun keluar, kamera yang disisipkan menggantikan kaca spion samping yang didukung dengan kamera 3D surround-view, sehingga mampu membuat pengemudi melihat kondisi di sekeliling truk.

Sebelum mejeng di GIIAS 2022, Isuzu Elf EV telah dibawa ke Nusa Dua, Bali pada Maret 2022 silam, karena truk konsep tersebut menjadi salah satu produk yang akan digunakan dalam program EV Smart Mobility – Joint Project.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x