Jaguar Revisi Konten Fitur Pada F-Pace Model 2024

16 December 2022 | 1:12 pm | Rizky Dermawan

Saat ini sejumlah pabrikan otomotif dunia khususnya pada segmen SUV mewah tengah memperkenalkan model terbaru untuk tahun 2023. Sementara dari daratan Inggris, Jaguar justru telah melakukan debut perdana versi teranyar dari SUV mewah mereka yakni F-Pace untuk model tahun 2024.

Sejumlah update dan penyempurnaan pun dilakukan pada F-Pace yang kini genap berusia 7 tahun. Selain itu, Jaguar pun menyederhanakan varian trim pada jajaran F-Pace model tahun 2024 untuk memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan.

Variant non-R-Dynamic tak lagi ada dalam daftar F-Pace model 2024, sehingga variant R-Dynamic S kini menjadi model termurah. Variant trim kemudian meningkat ke model R-Dynamic SE Black, R-Dynamic HSE Black, 400 Sport, dan yang terakhir adalah SVR sebagai variant teratas.

Update konten fitur dan tampilan

Sistem penggerak all-wheel drive (AWD) dan transmisi automatic 8-speed menjadi kelengkapan standar pada seluruh variant F-Pace.

Sebagai pengecualian, hanya variant SVR saja yang dibekali opsi mesin bensin 5.0-liter supercharged V8 bertenaga 542 HP. Variant SVR mampu melesat hingga 286 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 4 detik.

Meskipun variant R-Dynamic S merupakan model F-Pace dengan harga termurah, namun Jaguar membekalkan konten fitur yang cukup lengkap dan memikat, termasuk panel instrument TFT Digital Driver Display dan velg model baru berukuran 19-inci. Untuk variant R-Dynamic SE dan HSE dibekali dengan velg 20 dan 21-inci. Pada variant 400 SPORT kini dilengkapi dengan velg 22-inci Style 1020 berwarna Gloss Silver.

Baca juga :  Otoproject Garage Siap Terima Pelanggan di Surabaya

Sementara pada variant yang lebih tinggi tampil dengan plafon kabin berbahan suede dengan warna Ebony. Sementara pada eksterior didominasi aksen warna gloss black yang meliputi spion, grille, lis kaca serta emblem pada bagian buritan.

Sistem infotaintment Pivo Pro pun dibekalkan pada seluruh variant F-Pace model 2024 dengan dilengkapi fitur perintah suara Alexa, software navigasi terbaru what3words, serta koneksi nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto.

F-Pace PHEV kini menjelajah lebih jauh

Persaingan paling ketat saat ini nampaknya justru pada segmen SUV plug-in hybrid (PHEV), khususnya di sektor baterai, motor penggerak serta daya jelajah. Jaguar pun melakukan sejumlah revisi pada model F-Pace P400e PHEV.

Baterai lithium-ion baru berkapasitas daya 19.2 kWh pun kini dibekalkan pada F-Pace versi PHEV tersebut. Baterai baru ini diklaim menghasilkan daya jelajah 20 persen lebih jauh. Berdasarkan standar WLTP, daya jelajah pada mode EV kini menjadi 66 km dari sebelumnya yang hanya 53 km. Emisi CO2 pun kini tereduksi menjadi 37 g/km. Konsumsi BBM pada mode hybrid pun kini menjadi 62 km/liter.

Meski belum diungkap secara detil, namun diperkirakan F-Pace P400e PHEV tetap akan mengusung mesin bensin 4-silinder 2.0-liter dengan output daya 398 hp dengan torsi maksimum 640 Nm seperti pada model yang saat ini tengah dipasarkan. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 5,3 detik.

Baca juga :  Ini Dia Rimac Nevera 15th Anniversary Edition Seharga Rp 41 Miliar

Meski peningkatan daya jelajah F-Pace P400e PHEV tak terlalu signifikan, namun cukup untuk pengendaraan harian dalam kota yang rata-rata hanya berkisar antara 30-45 km dengan mode EV.

Nampaknya pihak Jaguar tak mau latah mengikuti trend mobil SUV berteknologi PHEV dari sejumlah pabrikan lainnya yang memiliki daya jelajah mode EV lebih jauh, bahkan mencapai 100 km.

Perihal harga jualnya, harap sedikit bersabar. Pihak pabrikan baru akan mengumumkan daftar harga F-Pace model 2024 secara resmi saat mulai dipasarkan paling cepat pada penghujung tahun depan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x