Jeep Grand Cherokee 2023 Meluncur, Siap Hadang SUV Eropa

16 May 2023 | 6:18 pm | Indra Alfarisy

PT DAS Indonesia Motor, pemegang merek Jeep di Indonesia umumkan kehadiran Jeep Grand Cherokee terbaru. SUV panjang ini sekarang mengusung kode body WL-74 dan dilahirkan sebagai SUV paling mewah di jajaran keluarga Jeep. Tentunya dengan kemampuan off road yang khas.

Jeep Grand Cherokee WL

Sebagai informasi, Jeep Grand Cherokee adalah salah satu ujung tombak penjualan Jeep di dunia. Selain, tentunya, Wrangler. Sejak 1993, Grand Cherokee telah membukukan penjualan lebih dari tujuh juta unit. Tidak heran kalau mobil ini terus lahir hingga lima generasi.

Grand Cherokee baru

Penampilannya dibekali penampilan khas sebuah Jeep. Ada 7-slot grille di depan, diapit lampu utama dengan teknologi LED dengan desain yang tipis. Di bawahnya, intake besar terlihat dominan, diapit air dam untuk mengalirkan udara ke rem. Di bagian ini juga tersemat fog lamp yang juga sudah LED.

Bagian belakangnya juga dibekali lampu yang berdesain tipis. Lekukan di pintu bagasi terlihat tegas dan agak kontras dengan bagian samping yang terlihat bersih, minim garis body. Di bagian samping, Anda akan menemukan satu tarikan garis yang dibuat seolah menyambungkan ujung lampu depan dengan lampu belakang.

Engine on Axle

Rancang bangun Grand Cherokee 2023 ini juga agak lain. Pembuatnya mengadopsi konsep penempatan mesin yang berada tepat di atas as roda depan. Ini disebut Engine on Axle.

Baca juga :  BYD e6 Generasi Dua, Armada Baru Bluebird

Menurut Jeep, pengaturan ini menghasilkan tatanan posisi mesin yang lebih presisi. Sehingga meningkatkan handling kendaraan secara keseluruhan. Menjadikan bagian depan kendaraan lebih pipih, sehingga memberikan Center of Gravity (titik bobot kendaraan) yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Pilihan Mesin

Di Indonesia, Jeep Grand Cherokee 2023 WL-74 hadir hanya dalam satu opsi mesin bensin. Dibekali jantung mekanis empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter. Tentunya sudah mengandalkan Direct Injection untuk pengabutan bensin, plus turbocharger. Tenaganya 275 Hp dan torsi 400 Nm

Tipe kedua, dibekali mesin PENTASTAR 3.600cc V-6 dengan transmisi 8-kecepatan. dan memiliki 3 baris tempat duduk atau 7-Seater. Khusus versi ini memiliki kode body WL-75.

Sistem kendara off-road ini diteruskan ke-empat roda menggunakan Quadra-Trac 1 Full-Time Single-Speed Active Transfer Case Four-Wheel-Drive (4WD) System.

Layaknya Jeep, tersedia berbagai pilihan mode berkendara. Baik untuk di medan berat, ataupun di aspal. Sistem pilihan traksi ini masih dinamai Selec-Terrain Traction Management System.pengendara dapat memilih berbagai pilihan kendara off-road seperti Auto, Sport, Rock, Snow, Sand/Mud.

Kelengkapan Interior

Jok Jeep Grand Cherokee 2023 dibalut dengan kulit asli berwarna Beige. Sudah disediakan pemanas jok dan setir, yang entah akan terpakai atau tidak di negara ini. Pengaturan elektrik tersedia untuk kedua jok bagian depan. Sementara bagian tengah atau baris kedua jok diatur secara manual.

Baca juga :  Astra Stop Jualan Peugeot di Indonesia

Fitur infotainment dibekali sistem operasi U-Connect 5 Audio dengan 10.1 Touch-Screen Display. Sistem infotainment ini diracik oleh Alpine Premium Sound dengan 9-amplifier speakers dan Sub-Woofer.

Target Realistis

Menurut Dhany Yahya, COO PT DAS Indonesia Motor, Grand Cherokee akan masuk di pasar yang ‘niche’. Selama ini, ceruk pasar tersebut didominasi oleh mobil-mobil Eropa seperti BMW X7, Mercedes-Benz GLS dan sebagainya. Jeep, menurut Dhany, memberikan pilihan yang berbeda.

“Jeep Grand Cherokee 2023 ini kami luncurkan dengan harga IDR 1.755.000.000,- Off-The-Road Jakarta, dan tersedia dalam dua pilihan warna exterior saja, yaitu Diamond Black dan Baltic Grey Metallic,” kata Dhany Yahya.

Sementara, versi WL-75 dijual dengan harga Rp 2,308 milyar, off the road. Kedua varian didatangkan langsung (CBU) dari Detroit, Amerika Serikat.

“Dengan target penjualan sebanyak dua hingga tiga unit perbulan, kami optimis, karena model ini memiliki penggemarnya tersendiri di Indonesia” tutup Dhani.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x