KAMM 912c Punya Sensasi Berkendara Tanpa Intervensi Komputer

12 September 2022 | 8:06 am | Aldi Prihaditama

KAMM 912c menciptakan kembali mobil berbasis Porsche 912 produksi tahun 1965 hingga 1969.

Beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan otomotif baru yang bermunculan dengan produk yang dihasilkan menggunakan konsep restomod. Biasanya, unit yang dilahirkan kembali tentu memerlukan mobil donor dan disempurnakan agar mampu beradaptasi dengan kondisi masa kini. Salah satunya ialah KAMM Manufaktur asal Hungaria yang menciptakan KAMM 912c.

Perusahaan yang didirikan oleh Miklós Kázmér ini bermarkas di kota Budapest dan memfokuskan diri dalam menciptakan kembali mobil yang berbasis Porsche 912 produksi tahun 1965 hingga 1969. Di antara keluarga Porsche 911 dan 912 era klasik, mobil yang diproduksi di rentang tahun tersebut merupakan unit yang tergolong ringan. Alasan itulah yang membuat KAMM Manufaktur memilihnya sebagai bahan untuk restomod.

Jujur saja, kami mengakui jika setiap produk Porsche itu pasti berpotensi membuat setiap penggunanya memperoleh pengalaman berkendara yang nikmat. Namun, KAMM ingin menyempurnakannya dengan menggunakan berbagai sentuhan istimewa. Uniknya, di era yang sarat dengan teknologi canggih, KAMM malah mencari solusi lain untuk memberikan kenikmatan berkendara tanpa ada intervensi komputer atau perangkat elektronis lainnya.

Sebagai awal, satu unit Porsche 912 dijadikan mobil donor. Lalu KAMM merestorasi sekujur tubuhnya, semua struktur bodinya dikembalikan ke kondisi seperti awal pembuatan, serta diperkuat lagi. Usai tahap tersebut, KAMM mulai berkreasi dengan mengganti panel bodi yang terbuat dari logam dengan panel karbon dan kaca pun diganti dengan panel Lexan. Semuanya dilakukan secara seksama, agar berpadu sempurna.

Baca juga :  Interior Gelap Chery Omoda E5, Lebih Mantap!

Tim KAMM juga menoptimalkan semua komponen chassis, sistem pengereman, suspensi, velg dan ban. Termasuk karet-karet bodi, baut pengencang, hingga sistem elektrikal. Jadi tidak ada barang bekas yang masih menempel di mobil tersebut. Setiap klien KAMM diberi kebebasan penuh untuk memilih warna bodi dan gaya interior yang diinginkan.

KAMM 912c memang mumpuni untuk digunakan untuk di trek balap, namun mobil ini juga tidak masalah jika ingin digunakan sehari-hari. Karena KAMM menciptakan 912c untuk dapat digunakan oleh siapa saja. Jok belakang masih terpasang, sistem audio tidak dilucuti, retrim ruang bagasi dilakukan secara mendetil. Bahkan sistem penyejuk udara kabin tetap berfungsi.

Mesinnya hanya 2.0 liter tapi 170 hp

KAMM bekerja sama dengan JPS Aircooled asal Swiss, dalam membuat menciptakan mesin 4 silinder boxer berpendingin udara tipe 616 dengan kapasitas 2.0 liter dan bertenaga 170 hp. Mesin yang didukung oleh sepasang karburator Weber 44 IDF mampu dibesut hingga 7200 rpm tanpa harus bersusah payah dan dipadu dengan transmisi manual 5-speed dog-leg.

Bisa mengebut berarti harus bisa mengerem. Maka KAMM menggunakan seluruh komponen rem depan milik Porsche 911 generasi 964 dan untuk rem belakang memakai produk buatan Brembo. Kaki depan menggunakan coilover custom buatan KAMM sedangkan lengan suspensi belakang dapat diatur sesuai kebutuhan.

KAMM 912c mulai diproduksi pada tahun 2023 dengan banderol sekitar €325 ribu. Klien dapat membeli 912c secara utuh dari KAMM atau menyediakan unit Porsche 912 untuk dikonversi. Seperti yang telah disebut di atas, setiap klien KAMM dipersilakan untuk mengatur spesifikasi yang diinginkannya, namun harganya pasti terkoreksi. Ayo siapkan saldo rekening Anda!

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x