Kawasaki ZX-4R Segera Hadir, Tenaga 74 HP Berbasis ZX-25R

2 January 2023 | 8:00 pm | Indra Alfarisy

Awal 2022 lalu, paten atas nama Kawasaki didaftarkan di Jepang. Isinya adalah ‘kendaraan bermesin empat silinder 400cc. Saat itu kami tidak terlalu memperhatikan. Tidak lama, muncul versi baru Ninja 400, perubahannya tidak signifikan.

Tapi, 30 Desember lalu, ada rumor lagi, paten tersebut adalah terkait Kawasaki Ninja ZX-4R terbaru. Motor super sport berpenggerak 4-silinder 400 cc. Tenaganya melewati 70 hp!

[UPDATE] Kawasaki resmi hadirkan ZX-4R. Mulai dijual pertengahan tahun 2023.

Mendadak tertarik, karena empat silinder dan 70 hp adalah kalimat yang menggoda. Belum lagi, seperti dikutip dari media Jepang, Kawasaki ZX-4R akan berbasis ZX-25R. Mulai dari rangka hingga mesinnya.

Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki ZX-25R

Konfigurasi dan besaran angka tenaga tersebut mengingatkan pada motor-motor besar era 80-an yang berkapasitas 750 cc. Yang jadi perhatian adalah, mesin empat silinder yang dipakai ZX-25R bertenaga 46,3 hp. Kami lantas mencari tahu apa yang harus diubah agar tenaganya bisa mencapai 70 hp? Rasio kompresi pasti naik. Ninja 250 4-silinder punya rasio kompresi 11,5:1.

Rombak Internal Mesin

Referensi paling mendekati mungkin harus melihat balapan TT kelas F3 era 90-an, seperti GPZ400R. Motor-motor Kawasaki 400 cc sukses melewati motor balap dua tak. Karena ini lomba yang berbasis motor jalan raya, para teknisi memodifikasi mesin supaya bisa menghasilkan 90 hp pada 15.000 hingga 16.000 rpm. Salah satu jalannya adalah menaikan kompresi hingga 13:1.

Baca juga :  Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Hybrid Menguak Tabirnya!

Caranya? Ganti komponen mesin. Paling signifikan para teknisi menggunakan karburator flat valve dan setang piston titanium.

Kawasaki TT F3

Foto: Pinterest

Nah, masa sekarang, karburator tidak akan sulit untuk digantikan oleh injektor elektronik, yang pengabutannya diatur oleh komputer. Bahan titanium ini yang jadi pekerjaan rumah. Intinya, harusnya Kawasaki akan mengganti setang piston dengan bahan yang lebih ringan dari yang dipakai ZX-25R. Tentunya dibarengi mencari hitungan diameter x langkah yang tepat. Tapi engineer Kawasaki pasti sudah berhitung, kalau mau ZX-4R bertenaga sebesar itu.

Akan Jadi Motor Gesit

Tidak kalah menarik adalah basisnya. Kalau benar mengambil rangka yang serupa dengan ZX-25R, ini akan jadi motor yang gesit. Tentu akan ada penyesuaian karena daya dan mesin yang lebih besar. Contoh, kalau Anda ingat, ada ZX-25RR yang dibekali suspensi yang lebih mumpuni. Mungkin suspensi ini yang akan jadi basis Ninja 400 cc tersebut.

All New Kawasaki ZX-4R diperkirakan meluncur Maret 2023 nanti, di Jepang. Tentu, motor ini akan merambah ke pasar global. Nama ZX-4R juga sudah didaftarkan di kantor paten Amerika Serikat. Kita lihat saja apakah Kawasaki Indonesia akan memboyong motor ini ke Indonesia, karena sepertinya memang perlu.

Apalagi kalau melihat jajaran produk Kawasaki di Indonesia, ada gap besar setelah ZX-25R. Diatasnya langsung ZX-6R.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x