Kenalan Dengan Tank 300, Yang Hampir Pasti Hadir di Indonesia

8 March 2024 | 6:00 am | Indra Alfarisy

Great Wall Motors telah resmi menjual dua produknya, Tank 500 dan Haval H6. Kini, hampir bisa dipastikan, produk Tank 300 juga akan segera dipasarkan di Indonesia. Ini mobil menarik. Dari segi harga yang berada di rentang Rp 700 – 800 jutaan, SUV ladder frame ini akan ‘menyenggol Honda CR-V, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Apa itu Tank 300? Diperkenalkan pada 2020, diposisikan sebagai mid-size SUV. 300 dibekali mesin empat silinder 2,0 liter (1.967 cc) berbahan bakar bensin dan dilengkapi turbocharger. Tenaganya 217 hp pada 5.500 rpm, dengan torsi puncak 387 Nm pada 1.800-3.600 rpm. Transmisi 8-speed buatan ZF akan menyalurkan daya ke roda. Tidak lupa, mobil ini punya kemampuan gerak 4WD seperti Tank 500.

Tank 300

Itu versi pertama. Yang kedua, punya penggerak hybrid, yang menggunakan mesin berkapasitas 1.998 cc. Ditambah motor listrik dan betarai 1,75 kWh. Versi hybrid ini baru diperkenalkan pada 2022 lalu. Total tenaga yang dihasilkan adalah 346 hp dengan momen puntir 615 Nm.

Kaki-kakinya dibekali konstruksi double wishbone dengan per keong di depan. Suspensi belakang multi-link. Setup serupa bisa Anda temukan juga di Toyota Fortuner 2.8.

Desain & Kabin

Kabin Tank 300

Bentuk Tank 300 yang retro mengundang decak kagum rombongan wartawan Indonesia yang hadir di fasilitas GWM di Baoding, RRC. Memang terlihat memadukan gaya retro dengan unsur modern seperti lampu LED di depan dan belakang, pelek yang gagah, dan sebagainya. Bentuknya seperti menyuarakan kemampuannya melibas medan berat. Meski pastinya ini harus dibuktikan dulu. Yang pasti, tampilannya mudah untuk ditingkatkan dengan aksesoris. Seperti yang Anda lihat di halaman ini.

Baca juga :  Speedster BYD Fang Cheng Bao Super 9 Yang Bikin Penasaran

Untuk pasar Cina, Tank 300 dibekali dengan dua baris kursi untuk menampung lima orang. Sayangnya, memang tidak ada versi 7-seater untuk pasar manapun. Termasuk pasar negara kita.

Sepengamatan kami, kabin Tank 300 dibekali dengan material yang cukup berkualitas. Berkaca pada Tank 500, kami jadi tidak terlalu terkejut kalau pabrikan ini punya standar bagus untuk kualitas kabin.

Di dashboard terpasang layar sangat lebar. Ini sebetulnya gabungan antara instrument cluster dengan layar multimedia untuk penumpang. Tuas transmisi juga unik. Dan kami apresiasi timd esain GWM yang masih menyediakan tombol fisik untuk pengaturan yang penting.

Tank 300 Hybrid

Rasa berkendara? Tunggu artikel selanjutnya. Perjalanan kami bersama GWM masih akan berlanjut.

2.7 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Krisna
1 month ago

Bagus sekali mirip rubicon semoga dijual disini

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x