Kenalan Sama Motor Listrik ALVA One

12 August 2022 | 11:20 am | Indra Alfarisy

Awalnya kami juga tidak tahu, kenapa ada nama ALVA di deretan penghuni booth di GIIAS 2022. Bahkan ada di hall yang sama dengan Toyota, Hyundai, Mitsubishi dan merek top lainnya. Kami pikir ini pasti merek mobil baru yang punya modal besar. Kami salah. Ternyata pabrikan motor listrik. 

Supaya jelas, kita bahas dulu siapa itu ALVA. Merek ini adalah produk dari Ilectra Motor Group (IMG), yang merupakan bentukan dari joint ventures antara Indika Energy, Alpha JWC Ventures dan Horizon Ventures yang ingin merambah ke industri kendaraan elektrik, lengkap dengan ekosistemnya. ALVA One adalah produk pertama mereka yang dibuat di Cikarang. 

Nah, bicara tentang ALVA One, jujur kami suka. Bentuknya enak dilihat dan punya fitur serta kemampuan yang cukup lengkap. Dari yang kasat mata, instrument cluster digital ukuran tujuh inci memanfaatkan layar TFT LCD berwarna. Tersedia juga soket USB untuk isi ulang baterai gadget Anda. Lalu lampu depan sudah mengandalkan LED, lengkap dengan DRL. Hal serupa juga tersedia untuk lampu belakang. 

Ada mode berkendara ECO/Cruise dan yang agak agresif, E-Sport. Seperti nama game. Menariknya lagi, ada Reverse Mode. Untuk membantu Anda memundurkan motor. Tentu tidak ngebut. Hanya membantu memutarkan ban motor. Pelan-pelan.

Motor listrik ALVA One dibekali penggerak berkekuatan 4,8 kW. Menurut lembar spesifikasi, torsi 46,5 Nm bakal langsung tersedia begitu grip gas diputar. Kecepatan puncak yang bisa diraih adalah 90 km/jam. Sumber dayanya mengandalkan baterai lithium dengan kapasitas 45 Ah.  Diklaim, hanya perlu empat jam untuk mengisi ulang baterai hingga penuh. Tidak lupa, baterai ini juga bisa dengan mudah dilepas-pasang. 

Baca juga :  FORESTYLE, Ajakan Subaru Untuk Mengenal Subaru Forester

Pengendaraan dan kestabilan mengandalkan suspensi teleskopik untuk di depan dan shock breaker tunggal untuk menopang bagian belakang. Bannya berukuran 90/90 di depan dan 110/80 untuk buritan. Keduanya dibekali pelek 14 inci. Ukuran pelek yang terbilang aman, banyak merek ban yang menyediakan ukuran ini. 

O ya, dimensi panjangnya 1.960 mm, 25 mm lebih panjang dari Yamaha Nmax. Wheelbase 1.370 juga lebih panjang 30 mm dari skuter maxi kesayangan semua orang itu.  

Baca Juga: MG Hadirkan Extender, tidak ada hubungannya dengan Xpander. 

 

4.8 4 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x