Kenapa Harga Suzuki Jimny Selalu ‘Digoreng’?

19 February 2024 | 9:06 pm | Indra Alfarisy

Suzuki Jimny 5-door sepertinya jadi primadona di IIMS 2024 ini. Respon pasar, terutama di gelaran tersebut sangat positif. Yang minat untuk order membludak. Hasilnya, dealer jadi punya kesempatan untuk ‘memainkan’ harga jual.

Harga asli Suzuki Jimny 5-door (OTR Jakarta) adalah seperti di bawah ini:

  • MT Rp 462.000.000
  • AT Rp 475.600.000
  • MT two tone Rp 465.000.000
  • AT two tone Rp 478.600.000

Harga Suzuki Jimny

Menurut beberapa sumber, di IIMS 2024 dealer memasarkan mobil ini dengan harga yang lebih mahal Rp 50-60 jutaan. Tentunya ini adalah efek supply & demand. Tapi ini bukan pertama kalinya Jimny jadi bahan ‘gorengan’.

Kalau Anda ingat, versi tiga pintunya juga dulu begitu. Harga asli yang Rp 460 jutaan, karena peminat banyak dan stok terbatas akhirnya jadi melambung. Ditarik lagi ke belakang, generasi ketiga yang memang dipasarkan sangat terbatas di Indonesia, harganya fantastis. Hingga sekarang bahkan melewati Rp 500 juta (tergantung kondisi). Lebih mahal dari versi generasi yang ada sekarang.

Jimny Mahal?

Meski begitu, Jimny memang bukan mobil sembarangan di mata orang Indonesia. Banyak yang punya kenangan khusus atau memang sekedar suka. Ini juga bisa dibuktikan dengan melambungnya harga Suzuki Katana (Jimny 2WD) di pasar mobil bekas.

Off roader mungil ini, sudah jadi barang koleksi yang patut dipunyai, untuk yang hobi. Bukan cuma mobil, tapi sudah jadi simbol status. Berangkat dari situ, tidak perlu heran juga kalau versi terbaru jadi incaran. Bukan cuma mereka yang perlu mobil SUV yang ramah untuk harian dan keluarga, tapi juga para pehobi.

Baca juga :  Privasi Pengguna V-Class Bisa Meningkat Berkat Lombardi

Kembali ke soal Jimny 5-door, kalau Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadikan mobil ini sebagai produk jualan massal, markup yang tidak terkontrol akan jadi bumerang untuk mereka sendiri. 

Jimny versi tiga pintu, saat muncul di 2018/2019, laris bagaikan kacang goreng. SPK bertebaran tidak peduli berapapun uang tanda jadi harus digelontorkan. Namun keterbatasan unit, membuka celah dealer untuk ‘bermain’. Akhirnya, banyak juga yang membatalkan pesanan mereka.

SIS sendiri meyakinkan kami kalau Jimny 5-door memiliki kuota impor dari India yang cukup. Saat ini jumlahnya 100 unit per bulan. Dan mereka mengusahakan untuk mendapatkan lebih.

Itu satu hal, yang juga jangan dilupakan adalah, seberapa cepat konsumen bisa mendapatkan unitnya. Ini juga bisa jadi bahan permainan oleh dealer: “Mau cepat? Sini bayar lebih.” Dan Anda pasti sudah paham praktek seperti itu ada. 

3 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x