‘Kepoin’ Kendaraan Unik Yamaha di Japan Mobility Show 2023

11 October 2023 | 7:00 pm | Aldi Prihaditama

Yamaha Motor turut ambil bagian di gelaran Japan Mobility Show 2023, yang diselenggarakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association, Inc. Pameran ini diadakan di Tokyo Big Sight sejak 25 Oktober sampai 5 November 2023. Area pameran Yamaha berada di East Hall 5, dengan tema ‘Feel Life’.

Booth Yamaha akan diramaikan dengan sejumlah produk, mulai dari motor, kendaraan listrik komuter, sepeda listrik, hingga enam model yang bakal melakukan world premiere. Dalam booth nanti, Yamaha tak hanya membawa produk berupa kendaraan saja, namun juga memamerkan teknologi audio, alat musik, serta banyak hal dari Yamaha Corporation.

Kami jadi ‘kepo’ dengan beberapa produk yang ingin dibawa oleh Yamaha di Japan Mobility Show 2023. Beberapa contekan sudah kami siapkan, sehingga paling tidak Anda sudah ada gambaran dari produk Yamaha yang akan dipajang nanti.

MOTOROiD2

Produk ini merupakan evolusi dari motor konsep MOTOROiD yang diperkenalkan di tahun 2017. Yamaha Motor melanjutkan riset dan pengembangan melalui teknologi serta desain, sehingga menjadi MOTOROiD2. Motor konsep ini dapat bertindak menjadi human-machine interface di masa depan.

MOTOROiD2 juga merupakan kendaraan pribadi yang dapat langsung mengenali pemiliknya. Langsung dapat bersiap dari posisi parkir, maupun berjalan di sisi pengendaranya. Teknologi Active Mass Center Control System (AMCES) mampu merespons gaya berkendara dan sistem AI juga dapat mengenali raut muka pengendaranya.

Baca juga :  Belum Ada Hilal Kapan Mitsubishi Xpander Hybrid Datang

TRICERA

Kendaraan listrik roda tiga ini cukup unik, sebab tidak hanya menawarkan mobilitas personal saja, namun juga menyuguhkan kebebasan berkendara yang unik berkat sistem kemudi melalui ketiga rodanya. TRICERA juga memberikan kedinamisan di saat melahap tikungan, karena jika roda depan dibelokkan ke arah yang diinginkan pengemudi, maka sudut roda belakang mampu mengarah kea rah berlawanan.

Namun, pengemudi dapat memiliki mode berkendara secara manual, di saat ingin mengasah keterampilan mengemudinya. Mobilitas modern memang bertujuan untuk mencapai berkendara secara otomatis. Namun Yamaha Motor menyadari bahwa setiap kepuasan berkendara ialah ketika kendaraan berada dalam kontrol dari pengemudinya langsung.   

ELOVE

Teknologi Yamaha yang diperoleh melalui riset dan pengembangan, salah satunya dibuktikan melalui kehadiran MOTOBOT (robot humanoid pengendara motor otonom) di tahun 2015 dan MOTOROiD di tahun 2017. Keduanya menjadi dasar untuk mengembangkan teknologi Advanced Motorcycle Stabilization Assist System (AMSAS).

Teknologi ini memungkinkan pengendara melaju sangat pelan saat mengendarai motor, terutama jika sedang melintas zona atau area tertentu. ELOVE diciptakan sebagai skuter listrik yang dilengkapi AMSAS. Yamaha Motor mengembangkannya melalui masukan dari para siswa SMA di Okinawa yang biasa menggunakan skuter 50 cc dan seorang petenis difabel.

E-FV

Motor listrik ringkas ini dikembangkan oleh tim sukarela yang terdiri dari para engineer. Mereka membuat proyek sampingan yang dapat menghasilkan sebuah mini bike dengan karakter menyenangkan saat dikendarai. Sumber tenaga berasal dari unit yang juga digunakan pada motor trail listrik Yamaha TY-E.

Baca juga :  Mitsubishi ASX 2024 Diperlihatkan, Simpel Tapi Asik

Karena tidak ada perpindahan gigi dan dimensinya yang kecil, maka motor ini begitu menyenangkan saat dibesut. Jika pengendaranya bosan karena senyapnya pengoperasian motor listrik, maka ada teknologi Yamaha Active Sound Control yang membuat mini bike ini memiliki suara knalpot layaknya motor bermesin bensin.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x