Konsep Mitsubishi Moonstone Hasil Rancangan Mahasiswa Italia

30 March 2023 | 2:55 pm | Rizky Dermawan

Perancangan desain mobil konsep tak melulu dikerjakan oleh tim desainer dari pabrikan otomotif. Ada pula yang merupakan hasil karya dari para mahasiswa. Salah satu contohnya yakni konsep SUV yang diberi nama Mitsubishi Moonstone Concept.

Konsep desain ini merupakan thesis tugas akhir studi yang dikerjakan oleh 18 mahasiswa dari berbagai negara yang mengikuti program pasca sarjana jurusan Desain Transportasi angkatan 2021/2022 di Istituto Europeo di Design (IED), Turin, Italia.

Para mahasiswa tersebut dibimbing oleh Michele Albera yang merupakan koordinator program studi, serta Masato Inoue selaku koordinator thesis tugas akhir.

Istituto Europeo di Design (IED) yang berada di kota Turin, Italia merupakan salah satu pusat studi desain ternama di Eropa. Maka tak heran jika para mahasiswa yang belajar di tempat ini berasal dari berbagai negara. Tak hanya dari Italia, namun banyak juga yang berasal dari RRC, Jerman, India bahkan Kolombia.

Nah, seperti apa detail dari mobil konsep berlabel Moonstone ini?

SUV Masa Depan Di Era Elektrifikasi Global 2035

Dengan label Mitsubishi tertera di depan nama mobil konsep ini, tentunya anda akan menebak pabrikan otomotif Jepang tersebut merupakan sponsor utama.

Tak hanya didukung oleh Mitsubishi, penggarapan mobil ini juga mendapat sponsor dan bantuan teknis dari Pirelli, OZ Racing, dan Lechler.

Baca juga :  Isuzu Perkenalkan D-Max BEV, Meluncur Resmi Minggu Depan

Model prototype ukuran skala penuh dari mobil konsep Mitsubishi Moonstone ini dibuat oleh Freeland.car, MINTT, AM Costruzione Modelli, dan Raitec.

Ide dasar pembuatan konsep Moonstone yakni gambaran sosok mobil SUV seperti apa yang bakal muncul di era elektrifikasi global pada tahun 2035 mendatang.

Selain memanfaatkan teknologi mobilitas dan penggerak elektrik, mobil ini pun mengusung visi ramah lingkungan. Moonstone digarap dengan memanfaatkan material yang dapat didaur ulang.

Tampilan Futuristik

Saat melihat tampilan Moonstone, guratan desain eksterior mobil ini cukup atraktif. Mengingatkan pada konsep Mitsubishi XFC Concept, terutama pada area depan dan headlamp LED. Lampu belakang LED dengan desain model “Y” pada Moonstone pun terlihat tak biasa.

Tarikan garis body yang tegas tak hanya membuatnya jadi terlihat kekar dan garang.

Windshield seolah terlihat menyatu dengan kaca bagian samping berkat pilar kaca dan atap bodynya yang berwarna hitam.

Tarikan garis atap dari bagian depan ke arah belakang sangat landai, sehingga ukuran dan bentuk kaca belakang jadi nampak minimalis.

Selain ducktail yang menyatu dengan tepi atap belakang, Moonstone juga dilengkapi sayap spoiler.

SUV berbody compact ini mengusung gaya coupe 2 pintu dengan ground clearance sedang. Mengingatkan pada Mini Pajero dan Pajero Evolution 2-door yang sempat populer beberapa dekade silam. Namun jika dilihat secara keseluruhan, Moonstone bagaikan versi futuristik dari Eclipse Cross.

Baca juga :  BAIC 'Salaman' Dengan JDI, Bukti Siap Jualan di Indonesia

Tak hanya menggarap desain body saja. Mooonstone dibekali dengan penggerak bertenaga listrik plus sistem gerak All-wheel Drive (AWD) meskipun tak dijelaskan secara detail.

Pada bonnetnya pun tersemat fitur bantu berkendara berupa perangkat sensor penjejak berteknologi Lidar.

Mobil Yang Dapat Didaur Ulang

Material yang digunakan pada body cukup banyak menggunakan material plastik. Mulai dari bibir fender hingga dinding ruang roda. Pada bagian bawah bumper depan tersemat skidplate berbahan aluminium. Tak hanya mengurangi bobot, namun plastik dan aluminium juga dapat didaur ulang.

Mobil konsep Moonstone hasil karya para mahasiswa IED hanyalah sebuah hasil studi desain. Mitsubishi belum berencana untuk memproduksi Moonstone.

Meskipun demikian, sejumlah elemen yang terdapat pada Moonstone tak tertutup kemungkinan untuk dapat diaplikasikan dan diadaptasi pada rancangan mobil Mitsubishi di masa mendatang.

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x