KTM-BRABUS 1300 R Edisi 2023, Super Duke Stealth Versi Brabus

15 February 2023 | 5:45 pm | Rizky Dermawan

Sukses berkolaborasi di tahun 2022 lalu, brand sepeda motor asal Austria, KTM dan tuner  Mercedes asal Jerman, BRABUS kembali meluncurkan sepeda motor edisi khusus untuk tahun 2023 ini. Namanya KTM-BRABUS 1300 R

KTM-BRABUS 1300 R merupakan hasil garapan terbaru kedua brand ini tengah dipamerkan di kota Hanoi, Vietnam sejak 9 Februari lalu hingga hari ini. Nah, seperti apa detailnya?

KTM-BRABUS 1300 R Bernuansa Stealth

Kolaborasi perdana antara KTM dan BRABUS dimulai pertamakali pada tahun 2022 lalu. Naked bike streetfighter KTM 1290 SUPER DUKE R EVO yang menjadi basis modifikasi perdana tersebut dikemas dengan tampilan yang digarap oleh BRABUS. Hanya sebanyak 154 unit yang dibuat dan terbagi dalam dua varian warna, Signature Black dan Magma Red.

Kolaborasi edisi kedua kali ini Brabus menggunakan basis motor sejenis yakni KTM1290 SUPER DUKE R EVO. Hanya saja kali ini BRABUS mengemas dengan gaya tampilan bernuansa kelam dan stealth. Dua pilihan warna yang ditawarkan yakni Superblack dan Stealth Gray

Mesin 1.301 cc LC8 V-Twin yang diusung memiliki output 177 HP pada 9.500 rpm dan torsi 140 Nm pada 8.000 rpm. Alunan musik V-twin dilantunkan via seperangkat pipa exhaust ganda BRABUS.

Permainan Serat Karbon Dengan Warna Kelam

Dari sektor tampilan, BRABUS mengimbuhkan panel body berbahan serat karbon. Mulai dari cover headlamp, side faring, cover mesin hingga sepatbor tampil dengan material serat karbon. Serasi dengan frame berkelir hitam.

Baca juga :  Suzuki India Capai Jumlah Produksi 30 Juta Unit

Jok dengan desain khusus terlihat serasi dengan lekuk tangki dan panel body bagian belakang. Uniknya, jok yang dikemas dengan motif jahitan logo BRABUS ini dilengkapi penghangat.

Air scope standard diganti dengan desain khusus dari BRABUS. Menggunakan bahan serat karbon. Foot peg belakang pun merupakan hasil rancangan BRABUS.

Segitiga komstir penjepit setang dan garpu diganti dengan desain garapan BRABUS. Untuk menunjang stabilitas kemudi, pada segitiga komstir terpasang steering damper WP APEX PRO 7117.

Satu set suspensi semi-active WP APEX yakni garpu up-side down 48mm pada bagian depan. Model monoshock pada swing arm belakang. Sistem suspensi dapat diatur dengan pilihan mode setting berkendara yakni COMFORT, STREET, SPORT, TRACK, ADVANCED, plus mode AUTO.

Velg forged BRABUS Monoblock Z berwarna Platinum Black yang dibekalkan semakin menguatkan aura tampilan yang misterius. Tak ada perubahan pada sistem rem yang mesih mengandalkan cakram rem 320 mm pada roda depan dan cakram 240 mm pada roda belakang.

Hanya ada 290 unit KTM-BRABUS 1300 R Edisi 2023 yang terbagi atas 145 unit versi Superblack dan 145 unit versi Stealth Gray. Motor edisi khusus ini sudah dapat dipesan mulai 16 Februari 2023 mendatang dengan label harga mulai dari €42.500 per unit atau setara Rp 691,35 jutaan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x