Seiring ketatnya regulasi emisi gas buang di banyak negara dunia, industri sepeda motor global pun kian intens berinovasi. Contohnya seperti yang dilakukan Kymco. Pabrikan sepeda motor asal Taiwan ini meluncurkan skuter bermesin hybrid pertamanya, People R Hybrid 125. Nama modelnya cukup unik.

Skuter bermesin hybrid dari Kymco ini tak sekadar jadi solusi mobilitas perkotaan yang praktis dan rendah emisi. People R Hybrid 125 juga jadi wujud komitmen Kymco dalam menghadirkan mobilitas ramah lingkungan dan berkelanjutan.
People R Hybrid 125
Untuk menunjang mobilitas di perkotaan, sepeda motor jenis skuter memang cukup praktis. Kehadiran skuter Kymco People R Hybrid 125 menjembatani para konsumen yang ingin skuter matik (skutik) yang lebih ramah lingjungan tapi enggan beralih ke skuter listrik (skutrik).

Teknologi hybrid Tri Power Technology yang dibekalkan pada skuter terbaru Kymco ini memadukan output performa, efisiensi dan keberlanjutn. Nah, makin penasaran seperti apa kinerja teknologi hybrid dari Kymco ini.
Sistem hybrid pada dasarnya memadukan mesin pembakaran internal dengan sistem penggerak elektrik dan sumber daya listrik baterai.
Sistem hybrid yang digunakan saat ini pada umumnya memanfaatkan baterai berdaya besar atau hybrid parallel. Sedangkan yang digunakan Kymco memanfaatkan motor listrik integrated starter-generator (ISG) yang disinkronkan ke mesin melalui sistem kendali modul Tri-Power Technology (TPT) Boost. Hampir mirip sistem smart hybrid Suzuki.
Modul TPT Boost akan bekerja secara otomatis memberi asupan daya extra dari motor ISG saat sensor mendeteksi butuh respon akselerasi yang lebih cepat.
Dengan modul TPT Boost ini Kymco mengklaim tarikan throttle lebih responsif, output tenaga naik 0.3 hp, dan konsumsi BBM lebih irit hingga 2%.

Sebagai sumber daya utama yakni mesin bensin silinder tunggal 125 cc berpendingin radiator. Output tenaganya 12.6 hp dengan torsi 11.2 Nm. Dengan sistem hybrid TPT, torsi dikatakan 13.6% lebih besar dari versi mesin standarnya. Konsumsi BBM pun dikatakan lebih irit hingga 13.2%.
Kinerja sistem Tri-Power Technology pada skuter hybrid Kymco dipantau sistem sensor terpadu Quad Monitoring. Ada lebih dari 150 parameter kelistrikan yang dipantau oleh sensor yang terdapat pada sistem Quad Monitoring. Mulai dari kondisi suhu baterai, indikator stabilitas tegangan listrik serta pasokan daya listrik baterai ke motor ISG.
Elemen yang tak kalah penting yakni sistem Trinity Balance yang mengatur distribusi daya listrik dari baterai dan motor ISG serta performa mesin.
Tampilan Bergaya Trendy
Tak sekadar mengusung teknologi canggih, gaya tampilan skuter hybrid People R Hybrid 125 terlihat trendy dan eyecatching.
Bodi ramping nan aerodinamis dengan lampu depan LED membuat tampilan skuter hybrid ini tak ubahnya skuter matik modern. Salah satu ciri khas skuter Kymco yang tak hilang yakni velg aluminium alloy pada roda depan dan belakang beda ukuran. Di depan pakai velg ukuran 16 inci, sedangkan di belakang velgnya berukuran 14 inci yang berbalut ban gambot.
Karena fungsinya untuk menunjang mobilitas di area perkotaan, posisi duduk dan area dek hingga kompartemen di bawah jok dirancang ergonomis.

Dek model rata dengan lebar 20,5 cm membuat posisi kaki pengendara leluasa. Ruang bagasi di bawah joknya pun cukup lapang untuk membawa barang bawaan dan helm.
Soal fitur, skuter hybrid perdana Kymco ini tak kalah dari skuter kelas 125 cc lainnya. Mulai dari layar speedometer digital hingga soket USB A dan C untuk ponsel.
Soal harga tak diumumkan ke publik karena saat ini Kymco belum berencana untuk memasarkannya. Skuter hybrid People R Hybrid 125 saat ini masih sebatas prototype demonstrator teknologi. Namun demikian, sistem hybrid Tri-Power Technology pada skuter ini akan terus disempurnakan dan digunakan untuk lini model lainnya di masa mendatang.