Lama Dinantikan, Kini Wujud Toyota Sienta Berubah Total

24 August 2022 | 1:58 pm | Aldi Prihaditama

Setiap generasi Toyota Sienta memang memiliki karakter mobil keluarga yang kuat

Toyota Sienta generasi terbaru terdengar desas-desusnya. Akhirnya Multi Purpose Vehicle (MPV) berukuran kompak tersebut diluncurkan pada 23 Agustus 2022 di Jepang. Sejak awal hingga generasi ketiga ini, Toyota memiliki konsistensi terhadap konsep dalam menciptakan Sienta, yakni sebuah kendaraan MPV berdimensi kompak, namun memiliki kabin yang cukup lapang dan dapat memuat tujuh orang penumpang dengan nyaman.

Setiap generasi Toyota Sienta memang memiliki karakter mobil keluarga yang kuat, tanpa kompromi dengan ukuran yang kompak. Tim pengembangan di Toyota menampung semua saran dan masukan dari konsumen terhadap MPV favorit mereka. Hasil akhirnya ialah dimensi yang tidak besar, fitur keamanan dan keselamatan berkendara yang mutakhir, efisiensi bahan bakar, harga yang terjangkau, hingga ruang kabin yang lapang layaknya Sienta generasi pertama.

Toyota menjamin ruang kabin dapat dimuati oleh tujuh penumpang dengan nyaman, tanpa harus mengubah ukuran kendaraan. Jok baris kedua tentu sering diduduki, oleh karenanya Toyota mendesain ulang bentuk jok supaya ruang kepala dan ruang kaki menjadi semakin lapang. Lebih lanjut, Toyota Sienta mengadopsi mesin yang memberi rasa berkendara yang menyenangkan, sekaligus menghasilkan efisiensi bahan bakar seoptimal mungkin. Tentu hal tersebut juga tak terlepas dari penggunaan platform TNGA (GA-B).

Baca juga :  Mitsubishi Dompleng Nissan Untuk Jualan di Amerika?

Oke, Anda tentu ingin tahu lebih dalam kan? Dari eksteriornya saja sudah memperlihatkan kabin yang lapang dan kemampuan manuver di jalanan. Apalagi setiap kaca dan jendelanya berukuran besar, sehingga visibilitas berkendara jadi lebih luas. Bodinya menganut gaya desain Shikakumaru, yang menggabungkan garis melengkung dan bersudut. Agar terkesan sebagai kendaraan MPV yang fungsional, Toyota memasang side protection moulding pada bodi samping Sienta.

Interior Shikakumaru

Urusan interior, MPV ini memberikan kepraktisan bagi penggunanya, lagi-lagi dengan menerapkan gaya desain Shikakumaru. Ruang penyimpanan barang dan cup holder tersebar di berbagai penjuru kabin, sehingga kabin Toyota Sienta ini banyak tempat untuk meletakkan barang bawaan. Bahkan tersedia gantungan kantung barang bawaan pada arm rest pada jok.

Sienta memiliki material jok yang tahan tumpahan cairan atau minyak, sehingga mudah ketika ingin dibersihkan. Aspek kenyamanan penumpang juga tak luput dari perhatian Toyota. Karena ada opsi air circulator pada plafon untuk menghasilkan sirkulasi udara dan mengeliminir perbedaan suhu kabin antara bagian depan dengan belakang.

Bodi Toyota Sienta dirancang dengan menggunakan platform TNGA (GA-B). Strukturnya yang kokoh memiliki bobot yang ringan, menghasilkan kenyamanan serta kestabilan berkendara. Geometri suspensi juga dioptimalkan. Menggunakan MacPherson strut pada bagian depan dan torsion beam di belakang. Kombinasi ini memberikan rasa berkendara yang lembut dan daya cengkeram yang baik. Selain itu, radius putar Toyota Sienta ialah 5.0 meter, sehingga pengguna tidak repot jika harus manuver di jalanan sempit atau di area parkir yang terbatas.

Baca juga :  Mudik Pakai Toyota Jadi Bebas Kuatir, Ada 310 Titik Pelayanan

Urusan mesin, Toyota Sienta generasi baru ini memiliki dua pilihan. Yang pertama ialah M20A-FKS 1.5 liter Dynamic Force Engine dengan sistem parallel hybrid. Diklaim menghasilkan efisiensi bahan bakar yang amat baik. Sistem E-Four juga digunakan agar memberikan rasa tenang bagi pengguna, ketika berada di kondisi licin, seperti saat hujan maupun di jalanan bersalju.

Yang kedua adalah M15A-FKS 1.5 liter Dynamic Force Engine dan dipadukan dengan transmisi Direct Shift-CVT. Transmisi pintar ini memiliki fitur 10-speed Sport Sequential Shiftmatic untuk memberikan perpindahan gigi yang serupa dengan transmisi manual. Jadi bagaimana, Anda ingin segera memilikinya? Sabar ya, karena MPV ini mau mengaspal di negara asalnya terlebih dahulu….

Sumber

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x