Lamborghini Invencible Dan Autentica, Supercar V12 Murni Terakhir

8 February 2023 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Supercar Lamborghini bermesin V12 mungkin eranya akan segera berakhir. Namun tidak secepat itu. Dari peternakan banteng Sant’Agata, muncul supercar V12 Invencible coupe dan Autentica roadster.

Kedua mobil pesanan khusus ini digarap oleh Lamborghini Centro Stile yang berinteraksi secara intens dengan pemesannya.

Meskipun berbasis dari Aventador, namun desain keduanya mengadopsi berbagai elemen dari supercar Lambo seperti Sesto Elemento, Reventon, dan Veneno.

Desain Sendiri Body Supercar Anda

Di workshop Centro Stile, tim perancang dan engineer Lamborghini bagai jin lampu Aladdin. Mereka akan mewujudkan segala keinginan dan permintaan Anda…apapun bentuknya.

Demikian pula halnya dengan tampilan eksterior Invencible dan Autentica yang tampilan depannya mirip mobil balap Lambo Essenza SCV12. Terlihat jelas dari desain moncong yang tipis, headlamp model mata panah hingga sirip splitter depan.

Body bagian tengah tetap mengadopsi basis Aventador. Hanya saja lubang intake bagian samping lebih besar. Pintu model gunting dan fendernya yang kekar terinspirasi dari Countach. Velg alloy center-lock penopang body keduanya pun tampil dengan desain yang unik.

Bagian belakang kedua mobil ini pun memadukan gaya mobil balap Lamborghini dengan desain semi futuristik.

Lampu belakang LED triple hexagon memiliki desain yang senada dengan kubah cover mesin. Tiga laras pipa exhaust Inconel terpasang pada bagian tengah bumper belakang. Sirip diffuser pemecah angin pada bumper belakang pun terinspirasi dari mobil balap Lamborghini.

Baca juga :  Antisipasi Gosong, Ratusan Porsche Taycan Kena Recall

Yang membedakan antara versi coupe dan roadster adalah sayap spoiler. Invencible coupe dilengkapi sayap seperti Sesto Elemento. Sementara pada Autentica roadster dilengkapi sepasang sirip pada body belakangnya.

Kemasan eksterior kedua mobil pun tampil dengan gaya yang berbeda. Invencible coupe dibalur warna Rosso Efesto dengan aksen taburan glitter warna merah pada panel body serat karbonnya.

Autentica roadster dikemas dengan paduan warna Grigio Titans dan Matt Black yang kontras dengan aksen Giallo Auge pada aero kit yang diusungnya.

Interior Mewah Khas Bologna

Layout kokpit kedua mobil ini identik dengan supercar V12 Lamborghini pada umumnya. Hanya kemasannya yang berbeda. Mulai dari ventilasi udara model hexagonal, panel instrument digital berdesain unik, plus aksen serat karbon. Tak ada layar touchscreen infotainment, karena sang pemesan tak membutuhkannya.

Kombinasi aksen warna Rosso Efesto accents, balutan kulit Rosso Alara leather dengan paduan kulit Alcantara berkelir Nero Cosmus menghiasi kokpit Invencible coupe.

Sementara pada panel interior Autentica roadster tampil dengan balutan kulit bernuansa Nero Ade. Jok kulit Alcantara two-tone Nero Cosmus / Grigio Octans dihiasi jahitan bordir berwarna Giallo Taurus.

“Kedua mobil pesanan khusus ini terinspirasi dari mobil balap peminum BBM oktan tinggi. Tim perancang dan engineer kami berkreasi sebaik mungkin untuk mewujudkannya.” ungkap Mitja Borkert, Kepala Perancang Lamborghini.

Sasis monokok serat karbon bawaan Aventador tetap dipertahankan. Sasis Aventador banyak digunakan pada mobil edisi khusus Lamborghini. Mulai dari Veneno, Centenario, Sian FKP 37, Essenza SCV12, Countach LPI 800-4 hingga mobil spesial SC18 Alston dan SC20.

Baca juga :  Ini Aturan Contra Flow Dan Ganjil Genap Arus Mudik 2024

Pada sasis bagian tengah, tak ada ubahan pada mesin naturally-aspirated 6.5-liter V12 bawaan Aventador. Output tenaganya yang 769 hp dengan torsi maksimum 720 Nm sama seperti versi Ultimae.

Mobil berpenggerak AWD ini dibekali transmisi automatic 7-speed ISR rasa manual. Bahkan dengan teknologi Lamborghini Dynamic Steering yang dibekalkan membuat keempat roda mobil ini dapat disetir. Ya, fitur all-wheel steering.

Kedua mobil ini menjadi ‘salam perpisahan’ dari banteng super bermesin V12 murni. Generasi old skool ini akan digantikan dengan era V12 hybrid modern. Lamborghini tengah menyongsong era supercar masa depan. Tak perlu ditanya berapa harganya. Karena tentunya amat sangat mahal… Ya, jutaan dolar.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x