Land Rover Bangkitkan Nostalgia Defender V8 Original

3 September 2024 | 5:52 pm | Rizky Dermawan

Para pecinta Land Rover Defender sedunia sempat kecewa saat SUV legendaris ini stop produksi di tahun 2016. Karena peminatnya masih sangat tinggi, Land Rover kembali menghadirkan model Defender original. Penggarapan dilakukan para spesialis di divisi Works Bespoke yang menangani proyek modifikasi maupun spek pesanan khusus.

Model nostalgia yang ditawarkan oleh Land Rover adalah Classic Defender V8. Tersedia dalam versi wagon 90 (short) dan 110 (long). Nah, karena model Defender original sudah tak lagi diproduksi, maka basis yang digunakan adalah Defender lansiran 2012-2016. Mobil ‘bahan’ stok lawas dari gudang penampungan tersebut di-upgrade dan dimodernisasi agar kekinian.

Suspensi standar diganti per keong Eibach dan shock breaker Bilstein. Suspensi dan gardan belakang ditopang anti-roll bar agar pengendaraan lebih stabil saat bermanuver. Rem juga mengalami peningkatan menggunakan disc brake yang lebih mumpuni. 

Works Bespoke menjejali mesin bensin 5.0-liter V8 bertenaga 400 hp. Torsinya pun lumayan, 515 Nm. Sistem penggerak 4WD dipadukan dengan girboks automatic 8-speed lansiran ZF.

Tampilan Lebih Modern

Untuk Defender V8 yang digarap oleh Works Bespoke beda dari versi standar.

Opsi warna eksterior dapat dipilih dari tema Heritage, Contemporary, Premium, maupun daftar warna spesial SV Metallic. Warna pesanan khusus juga akan dilayani.

Konsumen juga bisa memilih model grille versi Heritage, Standard, atau Adventure. Tampilan jadi makin garang dengan dua opsi pelek yang ditawarkan. Pilih pelek baja 16-inci heavy duty spek militer bawaan Defender Wolf atau pelek alloy 18-inci model Sawtooth.

Baca juga :  Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series, Akhirnya Ada Maybach Convertible

Selain itu, ada opsi extra untuk eksterior. Mulai dari side step, roof rack, expedition cage ala rally Safari, tangga atap, hingga winch. Tersedia pula opsi Adventure Pack dengan tenda lipat di atap. 

Interior Mewah

Tak hanya tampilan luar yang dipermak habis, interior pun dikemas ulang dengan balutan kulit. Jok pun tersedia versi Premium ala Range Rover atau jok sport Recaro.

Pada dashboard terpampang layar head unit touchscreen 3.5-inci yang dilengkapi koneksi bluetooth, navigasi, dan DAB Radio.

Ada Harga, Ada Rupa

Classic Defender V8 ini digarap hand made oleh para teknisi ahli di Works Bespoke. Untuk satu mobil saja penggarapan butuh ratusan jam kerja. Jadi para pemesan harap sedikit bersabar.

Defender 90 four-seater dibanderol mulai dari £190.000 (Rp 3,87 milyaran). Defender 110 five-seater dibanderol mulai £199.000 (Rp 4 milyar), dan £204.000 (Rp 4,16 milyar) untuk versi seven-seater. Itu harga off-the road untuk versi standar, belum termasuk pajak. 

Mobil ini akan dipamerkan di Goodwood Revival pada 6-8 September 2024 mendatang.

 

5 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x