Mampukah BMW XM 2023 Memuaskan Pecinta SUV BMW?

26 September 2022 | 1:00 pm | Rizky Dermawan

SUV hybrid BMW XM 2023 diyakini akan sangat bisa menyaingi Porsche, Lamborghini.  

BMW XM 2023 menurut rencana akan diluncurkan menjelang akhir September 2022, ya…minggu ini. SUV yang terasa spesial karena jadi kado perayaan 50 tahun lahirnya divisi Motorsport BMW. Lebih penting lagi, ini cara BMW M mengacungkan jari tengahnya pada Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid, Aston Martin DBX 707 dan Lamborghini Urus. Memang bisa?

Perihal tampilan eksterior BMW XM 2023, para pengamat otomotif, media dan juga para fans BMW masih menerka-nerka berdasarkan versi konsep dan juga saudara terdekatnya, BMW X7. Sedangkan performa, super SUV dengan dua baris penumpang ini bakal dibekali mesin bensin 4.4-liter V8 twin-turbocharged (S68) yang ditandemkan dengan modul hybrid dan baterai berdaya 25 kWh.

Jika motor penggerak modul hybrid biasanya terpasang pada poros roda, di mobil ini terintegrasi dengan transmisi automatic 8-speed. Output daya dan torsi dari motor listrik akan disalurkan ke penggerak AWD xDrive dari BMW M Division. Perpaduan sistem hybrid ini menghasilkan output daya kombinasi sebesar 643 hp dengan torsi maksimum 800 Nm.

Motor penggerak hybrid pada putaran konstan mampu menghasilkan output daya 161 hp. Namun saat dibutuhkan, dapat memberi pasokan tenaga sebesar 194 hp dan torsi 450 Nm selama 10 detik. Berdasarkan hasil tes di Austria, prototype BMW XM mampu mencapai kecepatan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,3 detik. 

Baca juga :  Nissan Luncurkan GT-R T-Spec Takumi & Skyline Edition

Harga BMW XM 2023

Meski pihak pabrikan belum mengumbar data XM secara detil, namun diklaim emisi CO2 yang dihasilkan sangat rendah yakni berada di kisaran 33g/km. Konsumsi BBM rata-rata dengan kombinasi plug-in hybrid berdasarkan standar WLTP diklaim berada di kisaran 80 km/liter. Sedangkan untuk daya jelajah maksimum menggunakkan mode EV berada di kisaran 82-88 km.

Debut perdana versi produksi dari BMW XM hanya tinggal menghitung hari. Dengan harga jual yang diperkirakan bakal berada di kisaran $130.000 atau nyaris 2 milyar rupiah, BMW XM baru akan resmi dipasarkan pada awal tahun 2023 mendatang. Hmm.. bagaimana, Anda berminat?

Rizky Vox

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x