Maserati MC20 GT2 Siap Panaskan Sirkuit Balap

15 March 2023 | 11:52 am | Rizky Dermawan

Maserati, salah satu legenda di sepanjang 1 abad sejarah balap mobil. Kiprah brand otomotif asal Italia ini tak berbilang di berbagai ajang balap mobil. Namun brand berlogo trisula ini sempat cukup lama vakum dari sirkuit balap. Kini mereka bakal hadir dengan Maserati MC20 GT2.

Tak dapat dipungkiri, meski vakum namun DNA motorsport memang tak dapat hilang begitu saja dari Maserati. Tak lama lagi kita bakal melihat Maserati kembali berlaga di sirkuit balap.

Diawali dengan rencana untuk ikut serta di seri ABB FIA Formula E World Championship 2023. Tak hanya tampil perdana di ajang balap Formula E, Maserati juga akan berkompetisi pada seri balap Fanatec GT2 European Series Championship 2023, dengan mobil balap MC20 GT2. Untuk berlaga di seri balap GT2, mobil balap ini tengah disiapkan oleh Centro Stile Maserati.

Tampilan desainnya terlihat sangat garang. Mengingatkan pada supercar Maserati MC12 yang berlaga di balap FIA GT tahun 2004-2010.

Mobil super sport Maserati MC20 versi jalan raya dirombak total dengan rancang bangun spek balap sesuai regulasi FIA GT2. Baluran warna Blu Infinito yang terang benderang dengan livery Maserati Corse pada eksterior terlihat kontras dengan interior berlapis serat karbon.

MC20 GT2 Adopsi Teknologi Balap Modern

Perangkat aerodinamika terpasang pada sekujur body MC20 GT2 ini. Mulai dari sirip splitter di bawah bumper depan, intake air scope pada seluruh panel body hingga sayap belakang adjustable. Panel body serat komposit telah menggunakan sistem quick-release untuk memudahkan teknisi dan pit crew dalam melakukan bongkar-pasang.

Baca juga :  Tom’s Racing Bikin Body Kit Dan Knalpot Buat Toyota Prius

Sasis monokok bagian tengah berbahan serat karbon ultra ringan dirancang untuk menghasilkan distribusi bobot yang berimbang.

Optimalisasi Mesin Nettuno V6

Sistem kemudi dan suspensi yang dibekalkan pada MC20 GT2 ini berbeda dari MC20 standar. Sejumlah teknologi yang ada pada mobil balap F1 dan Formula E diaplikasikan pada mobil ini. Salah satunya yakni sistem power steering elektronik. Sistem suspensi asjustable yang digunakan dapat disetting dengan cepat via pengendali elektronik.

Sektor performa yakni mesin dan transmisi adalah jantung utama dari sebuah mobil balap. Tak banyak detail yang dibeberkan oleh Maserati perihal spek mesin yang diusung. Hanya saja Maserati melakukan upgrade dan optimalisasi pada mesin Nettuno 3.0 liter V6 bawaan MC20.

Mesin Nettuno dikengkapi dengan teknologi terbaru MTC (Maserati Twin-Spark Combustion) plus sistem pengapian Turbulent-Jet Ignition yang diadopsi dari mesin Formula 1 dan telah dipatenkan oleh Maserati. Output tenaga mesin pun diklaim mencapai 630 hp. Cukup bagi MC20 GT2 untuk dapat melibas lawan tandingnya di trek balap.

Penyaluran daya ke poros roda belakang dilayani oleh transmisi 6-speed sequential racing gearbox yang terkoneksi pada paddle-shift di balik kemudinya dan tuas transmisi rotary elektrik. Kopling spek balap multi plat dan limited-slip differential mekanis berpengunci otomatis bertugas mengimbangi muntahan tenaga dan torsi mesin yang disalurkan ke poros roda.

Baca juga :  Harga VinFast VF 5 di Indonesia Sudah Resmi Nih!

Debut pada Juni 2023 nanti

“Mobil Maserati sejak dahulu diciptakan untuk memberi kenikmatan berkendara baik di sirkuit balap maupun jalan raya. Kami bangga dapat kembali ke kancah motorsports dengan MC20,” papar Davide Grasso, CEO Maserati.

Maserati telah melakukan uji balap perdana MC20 GT2 di sirkuit Autodromo Varano de’ Melegari, tak jauh dari kota Parma. Debut perdana resmi mobil balap ini baru akan berlangsung akhir Juni mendatang pada kejuaraan balap ketahanan 24 Hours of Spa di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x