Sebuah kabar resmi datang dari markas pabrikan otomotif Mazda. Brand asal kota Hiroshima, Jepang ini akan menyudahi produksi SUV premiumnya yakni Mazda CX-9.
Rencana tutup buku SUV tiga baris penumpang berukuran besar ini sebenarnya telah sayup terdengar sejak tahun lalu. Prediksi tentang berakhirnya kiprah flagship SUV Mazda pun kian menguat saat platform baru untuk mesin longitudinal tapi gerak belakang diluncurkan oleh Mazda. Lengkap dengan mesin 6-silinder SKYACTIV-nya. Munculnya SUV Mazda CX-90 model tahun 2024 yang dipasarkan tahun ini nampaknya jadi pertanda.
Mazda CX-90 Gantikan Era CX-9
Dibandingkan dengan CX-90, platform dan mesin yang digunakan CX-9 sangat jauh berbeda. Mazda pun memposisikan CX-90 di level yang lebih tinggi dari CX-9. Baik dari segi teknologi maupun konten fitur yang dibekalkan.
Bila CX-9 masih menggunakan mesin 4-silinder turbo, CX-90 malah mengadopsi mesin 6-silinder turbo. Bahkan terdapat varian plug-in hybrid (PHEV).
Meski demikian, harga jual CX-90 di Amerika Serikat diklaim tak terpaut jauh dari yang akan digantikannya. CX-90 varian termurah yakni $40,970 atau sekitar Rp 618 jutaan. Hanya selisih tipis dari Mazda CX-9 termurah yang label harganya $40,125 atau setara Rp 605,3 jutaan.
Varian termahal CX-90 di AS banderolnya di kisaran $60,000, kurang lebih sekitar Rp 905 jutaan. Sementara CX-9 varian tertinggi $50,000 atau setara Rp 754 jutaan.
Di pasar Amerika Serikat, penjualan CX-9 terbilang cukup laris. Di periode semester pertama tahun 2023 ini angka penjualannya tercatat sekitar 17.359 unit. Terjadi peningkatan sekira tujuh persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.
Pikat Konsumen Indonesia
Generasi pertama Mazda CX-9 resmi dipasarkan secara global mulai tahun 2006 silam sebagai model tahun 2007. Generasi kedua yakni model tahun 2016 mulai diperkenalkan pertamakali pada tahun 2015. Usia yang cukup panjang, nyaris 2 dekade.
Di Indonesia sendiri kehadiran mobil ini yang paling berkesan yakni di akhir Januari tahun 2013 silam. Saat itu PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku APM mobil Mazda di Indonesia berhasil menggugah para konsumen SUV kelas premium Tanah Air dengan menghadirkan New Mazda CX-9 yang mengadopsi gaya desain “KODO – Soul of Motion”.
Bahkan di luar Jepang, Indonesia merupakan negara Asia pertama yang menjadi tujuan New Mazda CX-9 pada saat itu. Dengan label harga Rp 799 juta (on the road), cukup banyak konsumen yang antre memesan SUV bongsor ini.
Saat ini keagenan mobil Mazda di Indonesia dipegang oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI). Model terakhir yang dipasarkan oleh PT EMI yakni New CX-9 yang telah dilengkapi fitur Rear Seat Entertaintment. Varian terbaru ini hadir pada event Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 yang berlangsung Maret lalu.
Mazda CX-9 model tahun 2023 di Indonesia dibanderol mulai dari Rp 897,7 juta. Varian dasar berpenggerak 2WD ini dilengkapi dengan transmisi automatic 6-speed.
Naik level di atasnya terdapat Kuro Edition yang label harganya Rp 907,7 juta. Sementara untuk varian tertinggi yakni CX-9 versi AWD yang bertransmisi automatic 6-speed label harganya Rp 977,7 juta.
Untuk saat ini pihak Mazda masih belum mengumumkan kapan CX-9 akan resmi tutup buku. Kemungkinan besar suksesi generasi SUV premium Mazda baru resmi dimulai pada tahun 2024 mendatang.
Jadi, untuk model tahun 2023 saat ini masih dipasarkan baik di AS maupun di sejumlah negara termasuk Indonesia. Menanti hingga tiba saatnya muncul CX-9 Final Edition sebagai penanda berakhirnya era produksi.