Mazda2 Sedan Paling Baru Tampil Perdana di Thailand, Makin Keren

26 June 2023 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Mungkin tak banyak yang tahu jika ada Mazda2 Sedan. Ya, varian sedan dari Mazda2 memang tak sepopuler versi hatchback. Setelah mengalami facelift perdana pada tahun 2019 silam, versi facelift kedua dari Mazda2 generasi ketiga ini pun muncul pada Januari 2023 lalu. Dalam bentuk hatchback.

Nah, pekan ini Mazda2 Sedan versi facelift akhirnya tampil perdana di kota Bangkok, Thailand.

Tak jauh berbeda dari varian hatchback, versi facelift dari Mazda2 Sedan mengalami sejumlah ubahan dan upgrade. Hmmm.. penasaran ingin tahu apa saja yang berubah?

Gaya Eksterior Lebih Memikat

Seperti halnya varian hatchback, model sedan terkecil dari Mazda ini hadir dalam dua gaya eksterior yakni  Sport Design dan New Wave Design.

Sesuai namanya, versi Sport Design mengusung gaya yang lebih sporty. Grille tampil dengan desain sekat model honeycomb. Sementara bagian atap dan spion dilabur warna hitam. Kaki-kaki ditopang velg alloy 16-inci sebagai pembeda.

Pada versi New Wave, grille dikemas dengan kelir sewarna body. Sekat pada grille pun tertutup sebagian. Untuk velg, ukurannya sedikit lebih kecil yakni 15-inci.

Jika pada bagian depan sedikit mengalami penyegaran, lain halnya dengan bagian belakangnya.

Bumper belakang masih sama seperti versi facelift tahun 2019. Jadi, praktis ubahan di area belakang hanya sedikit sekali sejak Mazda2 Sedan generasi ketiga muncul pertamakali di tahun 2014 silam.

Baca juga :  Polytron 'Nyetrum' GIIAS 2024 Dengan Tiga Produk Andalannya

Untuk pilihan warna eksterior, Mazda2 Sedan juga tersedia dalam opsi warna baru yakni Aero Gray dan Air Stream Blue. Ya, pilihan warna eksteriornya sama seperti pada Mazda2 Hatchback.

Sayangnya, Mazda2 Sedan tak tersedia dalam versi edisi spesial Rookie Drive dan Clap Pop seperti pada Mazda2 Hatchback.

Kedua edisi spesial tersebut tampil dengan kombinasi warna yang meriah dan eyecatching. Mazda2 Hatchback memang selalu tampil atraktif, dan peminatnya pun jauh lebih banyak dibanding varian sedan.

Update Tampilan dan Fitur Interior

Tak hanya sebatas area eksterior, kemasan pada kabin pun turut mendapat sentuhan. Sedikit penyegaran tampilan dan juga konten fitur yang dibekalkan.

Head unit fitur infotaintment pada dashboard menggunakan layar sentuh digital 7-inci. Hmm…ukurannya memang terbilang kecil.

Meskipun begitu, sistem pendingin udara kabin alias A/C pada dashboard telah menggunakan versi otomatis.

Mazda2 Sedan juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya ponsel pintar nirkabel seperti pada Mazda2 Hatchback.

Fitur keselamatan dan bantu berkendara dengan teknologi berbasis ADAS (Advance Driver Assistance System) yakni Mazda i-Activsense menjadi fitur standar pada Mazda2 Sedan.

Untuk kemasan interior, Mazda2 kini tampil lebih mewah dari sebelumnya. Lapisan jok tersedia dalam balutan kulit maupun suede. Jok depan memiliki 6 posisi duduk dengan setelan otomatis.

Untuk kemasan panel dashboard, plafon dan door trim tersedia pilihan warna kontras yang berbeda dengan jok. Khusus untuk versi Sport Design, panel interior dikemas dengan bahan suede plus aksen jahitan benang warna merah. Nah, makin keren bukan?

Baca juga :  BRZIKO Lahir dan Siap 'Sliding'!

Pilih Mesin Bensin Atau Diesel?

Perihal pilihan mesin untuk masing-masing negara dan kawasan tidaklah seragam.

Seperti di Thailand, Mazda2 hanya tersedia dalam varian bermesin bensin 1.3-liter SkyActiv-G bertenaga 92 hp dan varian mesin turbo diesel 1.5-liter SkyActiv-D yang bertenaga 103 hp. Sementara di pasar Indonesia, mobil ini mesinnya 1,5 liter bensin. 

Kedua varian baik bensin maupun diesel  hanya tersedia dalam opsi transmisi automatic 6-speed. Ya, untuk di Thailand tidak tersedia  varian mesin bensin 1.5-liter mild-hybrid dan juga transmisi manual.

Tak sekadar debut perdana, Mazda2 Sedan versi facelift sudah dapat dipesan oleh para konsumen di negara itu.

Label harganya mulai dari 599.000 Baht untuk versi termurah hingga 830.000 Baht. Kurang lebih sekitar Rp 255,6 jutaan untuk model termurah hingga Rp 353,2 jutaan. Harga off-the road.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x