McLaren 720S GT3 EVO 2023 Siap Balap, Ini Perubahanya

20 February 2023 | 7:00 am | Rizky Dermawan

McLaren 720S akan segera stop produksi dan digantikan dengan model baru. Namun tidak demikian dengan mobil balap 720S GT3.

Sejak tampil perdana di tahun 2018 dan mulai berlaga pada musim balap tahun 2019, McLaren 720S GT3 telah merajai dan menjuarai berbagai event kecepatan di berbagai negara.

Melalui divisi McLaren Customer Racing, pabrikan supercar asal Inggris ini meluncurkan paket upgrade EVO untuk mobil balap McLaren 720S GT3. Apa saja konten dari paket upgrade ini?

Body Kit Balap Spek EVO

Daftar konten upgrade teratas yakni ubahan tampilan body. Bumper depan McLaren 720S GT3 EVO memiliki desain baru dengan sirip splitter. Untuk memudahkan proses bongkar pasang, bumper ini dilengkapi mekanisme quick-release.

Panel bonnet pun tak luput dari upgrade dengan desain baru yang dirancang untuk menyalurkan udara pendingin mesin di belakang dan cakram rem. Posisi headlamp tambahan pun dirubah untuk memberi pencahayaan dan visibilitas yang jauh lebih baik saat sesi balap di malam hari.

Sayap spoiler bagian buritan pun kini memiliki lekukan yang lebih tinggi dari versi GT3 sebelumnya. Sudut kemiringan sirip pada sayap pun dapat disetel.

Dengan revisi desain pada perangkat aerodinamika, pihak McLaren mengklaim gaya tekan serta aliran udara dari depan ke belakang menjadi jauh lebih baik. Selain itu, proporsi beban kendaraan kini sedikit bergeser ke depan.

Baca juga :  Modal Kuat BYD Dalam Hadirkan Teknologi Elektrifikasi

Upgrade Suspensi

Untuk meningkatkan stabilitas berkendara dan handling manuver saat balap, suspensi mengalami ubahan.

Penopang body kini menggunakan TTX40 4-way adjustable dampers lansiran Öhlins. Kinerja ayunan lengan upper wishbones bagian depan kini dapat disetting. Desain kubah kaliper rem dan cakram pun mengalami ubahan agar lebih awet dan tahan ‘siksa’, terutama saat digunakan pada balap ketahanan.

Tak dijelaskan secara rinci apakah ada ubahan atau racikan ulang pada mesin 4.0-liter V8 twin-turbo spek balap yang terpasang pada sasis tengah-belakang McLaren 720S GT3.

Para konsumen baik pembalap privateer maupun tim balap sudah dapat memesan mobil balap McLaren 720S GT3 EVO dan akan dihomologasi untuk musim balap tahun 2023.

Sementara bagi para pemilik McLaren 720S GT3 pun dapat mengupgrade mobil balap mereka dan dikonversi menjadi spek EVO. Dengan baju barunya, mobil ini diklaim siap melibas musuh bebuyutannya yakni Ferrari dan Lamborghini di musim balap tahun 2023.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x