Membelah Aspal Sirkuit Mandalika Bersama Produk Toyota GR Pure

6 December 2025 | 12:00 pm | Aldi Prihaditama

Tempat paling tepat untuk menikmati karakter sesungguhnya dari produk of Gazoo Racing (GR), ialah di sirkuit balap yang sesungguhnya. Masih menjadi rangkaian dari event Eco Journey & GR Trackday, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak sejumlah jurnalis yang merasakan lini produk lengkap GR Pure, secara langsung di Sirkuit Mandalika.

Dalam area uji coba yang memadai, membuat semua peserta dapat memaksimalkan performa dari setiap unit GR Pure yang disediakan. Aktivitas trackday ini memperlihatkan bahwa Toyota tidak hanya andal dalam menciptakan mobil yang nyaman dengan efisiensi mesin tinggi, namun juga kendaraan berperforma tinggi.

Lini Produk Lengkap

“Gazoo Racing memiliki misi untuk menciptakan kendaraan performa tinggi yang menarik untuk dikendarai oleh siapa saja. Ajang motorsport dijadikan sebagai proving ground untuk menguji dan menyempurnakan teknologi, sebelum diimplementasikan ke model produksi,” ujar Hiroyuki Oide, Marketing Director PT Toyota Astra Motor.

Meskipun diproduksi terbatas, Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang mendapat kehormatan menghadirkan semua model GR Pure. Mulai dari GR Supra, GR86, GR Corolla, dan tentunya GR Yaris. Semuanya tersedia berkat tingginya animo pasar terhadap mobil sport Toyota.

Pilih Yang Bertransmisi Manual

Setiap awak media memperoleh kesempatan mengemudikan langsung GR Yaris, GR Supra, GR86, GR Yaris, dan GR Corolla di Sirkuit Mandalika. Meski begitu, kami hanya mengincar dua dari empat unit tersebut, yaitu GR Yaris dan GR Corolla saja. Alasannya? Karena menggunakan transmisi manual.

Baca juga :  Program Wuling Siaga Banjir Sumatera Siap Bantu Pelanggan Terdampak

Pada kesempatan Toyota GR Trackday tersebut, kami membesut Toyota GR Yaris bersama pembalap Adrianza Yunial. Sedangkan saat memacu Toyota GR Corolla, ditemani oleh pembalap Alinka Hardianti.

Mobil sport biasanya lahir dari mobil jalan raya, untuk kebutuhan motorsport di lintasan balap dengan aspal mulus. Uniknya Toyota GR Yaris justru lahir dari dunia reli, yang banyak melahap medan tanah maupun lumpur. Hadir pertama kali pada tahun 2020, Toyota membangun kendaraan reli yang cocok untuk kebutuhan motorsport. Lalu disesuaikan lebih lanjut untuk versi produksi massal, agar tetap dapat dipakai setiap hari.

Evolusi GR Yaris hadir di awal tahun 2024. Mesin tiga silinder G16E-GTS 1.6 liter dengan turbocharger, kini bertenaga 300 hp. Sebab tadinya ‘hanya’ bertenaga 257 hp saja. Sedangkan torsinya naik dari 360 Nm menjadi 400 Nm. Sebagai penyalur output, disematkan transmisi manual EA67F 6-speed dan disertai penggerak empat roda GR-Four. Selain pemilihan mode 4WD, mode berkendara baru juga tersedia, untuk berkendara sporty dan mobilitas sehari-hari.

Mesin Serupa Toyota GR Yaris

Pindah ke unit incaran kami berikutnya, yakni Toyota GR Corolla. Toyota Corolla yang ‘doyan ngebut’ ini merupakan mobil yang menggabungkan performa balap, dengan fungsionalitas untuk penggunaan sehari-hari. Basis mobil ini banyak dipakai pada balap touring lokal di Jepang. Bahkan Toyota GR Corolla berbahan bakar hidrogen cair, berlomba di ajang Super Taikyu Fuji 24 Hours Race di Jepang.

Baca juga :  GJAW 2025 Berakhir, Kunjungan Diprediksi Lampaui Tahun Lalu

Mobil hatchback ini mengandalkan mesin tiga silinder G16E-GTS 1.6 liter yang sama milik GR Yaris. Jadi, tenaga dan torsinya juga serupa. Transmisi manual 6-speed dengan short-shifter, menyajikan perpindahan gigi yang responsif. Tersedia pilihan driving mode Normal, Eco, dan Sport yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi.

Kinerja sistem penggerak empat roda GR-Four ditingkatkan agar sesuai spesifikasi Toyota GR Corolla. Dengan menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang. Dengan tiga pilihan rasio (depan:belakang), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70. Torsen Slip Differential pada setiap as roda meningkatkan pengendalian, traksi ban, serta mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan. Sesuai dengan kondisi jalan maupun gaya berkendara.

Setiap kendaraan GR dirancang untuk memberikan keseruan saat dikendarai. Sehingga, tidak hanya punya penampilan seperti mobil balap yang agresif dan sporty. Rasa berkendara, fungsionalitas, dan kenyamanan terbaik, tetap dipertahankan sebagai salah satu DNA Toyota.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x