Michelin Jajal Teknologi Ban Luar Angkasa di Le Mans

27 June 2024 | 1:20 pm | Aldi Prihaditama

Michelin tengah mengembangkan ban tanpa udara untuk kendaraan rover pada proyek Artemis. Proyek ini akan beroperasi di Bulan selama satu dekade. Dengan membawa dua astronot, menjelajahi area terpencil, dan mengambil sampel.

Kendaraan tersebut akan melakukan perjalanan ke berbagai titik pendaratan secara otomatis dan berfungsi secara mandiri. Selama tahun 1995 hingga 2007, NASA telah mempercayakan desain dan produksi ban untuk pesawat ulang-alik kepada Michelin.

“Kami telah melakukan berbagai penelitian untuk kendaraan bulan untuk proyek Artemis,” kata Christophe Moriceau, Michelin Director of Advanced Research.

Diperlukan ban khusus dan tangguh yang dapat memberikan cengkraman optimal di berbagai jenis permukaan. Untuk dapat berfungsi secara optimal selama 10 ribu km atau 10 tahun, maka harus memakai material yang tangguh di segala kondisi.

Para ilmuwan yang terlibat berharap dapat menemukan air dalam bentuk es dengan suhu amat ekstrem. Hal ini tidak dapat ditemukan di bumi dan hanya material tertentu, melalui komposisi dan kemampuan untuk berubah bentuk, yang akan mampu bertahan.

Mungkin hanya sedikit kesamaan antara ban Michelin Pilot Sport Endurance dan ban tanpa angin yang dirancang untuk beroperasi selama 10 tahun di bulan. Perusahaan ini yakin bahwa kualitas utama yang harus diperhatikan adalah kemampuan daya tahan ban.

Baca juga :  Suzuki Indonesia Dukung Komunitas V-Strom Turing Akbar di Yogyakarta

Sejak tahun 2011, ban Michelin untuk endurance racing kelas premier telah berhasil melalui 700 km pada Le Mans 24 Jam. Pada April 2024 di ajang 6 Hours of Imola di Italia, salah satu prototipe Ferrari berhasil menyelesaikan 129 putaran atau 632 km, hanya dengan satu set ban Michelin.

Hal ini menjadi bukti, bahwa Michelin ingin terus mengeksplorasi segala jenis teknologi. Tidak hanya di motorsport, di jalanan biasa, tetapi juga di luar angkasa.

4.3 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x