MINI Countryman C, Versi Hemat Dengan Harga Terjangkau

20 December 2023 | 3:50 pm | Rizky Dermawan

Persaingan pasar otomotif di Eropa saat ini kian ketat. Namun daya beli konsumen justru cenderung menurun. Tak heran, biaya produksi ditekan sehingga harga jual bisa lebih ekonomis. Hal ini pun dilakukan oleh MINI. Salah satu model yang terbilang cukup diminati adalah Countryman. Hanya saja, pihak pabrikan ingin menjaring kalangan konsumen yang lebih luas. Jadilah MINI meluncurkan versi dengan harga terjangkau. MINI Countryman C.

Kami sempat penasaran apa arti dari imbuhan huruf “C” yang disematkan. Ternyata artinya adalah “Core” alias mendasar. Ya, Countryman C dibekali dengan spek minimum yang paling esensial dan mendasar. Sestandar apa spek yang diusung mobil ini?

Performa Mesin

Mini Countryman C dibekali spek mesin paling standar yang ada dalam daftar mesin MINI. Ya, mesin bensin 3-silinder turbo 1.5-liter. Dengan modul mild hybrid 14 kW, output tenaga kombinasinya yang sebesar 168 hp dan torsi maksimum 250 Nm menurut kami cukup lumayan.

Transmisi kopling ganda 7-speed yang dibekalkan tak beda dengan varian Countryman lainnya. Sistem penggeraknya menggunakan versi gerak roda depan (FWD). Komponen sistem penggerak FWD jauh lebih sederhana dan biaya produksinya lebih murah dibanding penggerak AWD seperti yang ada pada Countryman S ALL4.

Akselerasi 0-100 km/jam butuh waktu 8,3 detik. Kecepatan maksimumnya walau mentok di 212 km/jam. Keuntungan dari mesin kecil yakni konsumsi BBM mobil ini cukup irit. Hanya butuh 6,1 liter bensin untuk menempuh jarak 100 km. Tak terlalu buruk bukan?

Baca juga :  IIMS 2024 Catatkan Transaksi Rp 3,1 Trilyun Dalam 9 Hari

Tetap Stylish

Sebagai tahap awal pemasaran, dipilih negara Jerman. Prospek pangsa pasar di negara ini terbilang besar dan menjanjikan. Ada empat variant trim yang ditawarkan untuk para konsumen di Jerman.

Variant termurah yakni Essential label harganya mulai dari €39,900. Kurang lebih sekitar Rp 678,5 jutaan (off-the road).

Dari namanya yakni Essential jika diterjemahkan bebas artinya “seperlunya”. Dan karena ini adalah varian dengan spek paling standar, maka jangan terlalu banyak berharap. Panel garnish pada eksterior seperti lis fender dan bemper menggunakan material plastik berwarna hitam.

Velg alloy 17-inci yang dibekalkan tak beda dari model standar Countryman lainnya. Untuk warna eksterior tak banyak pilihan. Hanya tersedia warna Silver dan Hitam Metalik.

Meskipun ini adalah varian termurah, namun interior tetap dikemas dengan stylish. Jok berbalut kain warna warni dan nuansa two-tone pada panel interior justru tak terkesan murahan.

Pada panel tengah dashboard tetap menggunakan layar OLED bundar berdiameter 9.5 inci. Layar digital terpadu ini berfungsi sebagai panel instrument berkendara sekaligus penampil sistem infotainment.

Soal kapasitas muat bagasi, mobil ini tak kalah lapang bila dibandingkan saudaranya yang lebih mahal. Jika ingin posisi duduk yang sedikit lega, jok belakang bisa digeser hingga 13 cm. Ruang kaki pun jadi lebih lapang. Jok belakang dapat dilipat jika ingin memekarkan daya muat bagasi. Kapasitas muat di bagian belakang maksimum hingga 1.460 liter.

Baca juga :  Hanya 50 Unit Mini Clubman Final Edition Buat Orang Beruntung

Naik level, tiga varian trim berikutnya yakni Classic, Favoured, dan JCW. Untuk variant teratas yakni JCW tampilannya sepintas tak jauh beda dari Countryman spek JCW lainnya. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan fitur serta material yang digunakan pada kemasan interior.

Selain kawasan Eropa, MINI kabarnya bakal memasarkan Countryman C ke Amerika Latin dan sejumlah negara di Asia. Apakah bakal masuk ke Indonesia? 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x