Mitsubishi Motors USA Luncurkan Dua Model Edisi 40 Tahun

24 January 2023 | 1:20 pm | Rizky Dermawan

Mitsubishi Motors merayakan 40 tahun operasional mereka di Amerika Serikat pada 20 Januari 2023 lalu. Sebenarnya, mobil Mitsubishi telah dipasarkan di Amerika Serikat jauh sebelum tahun 1981. Namun sebelum tahun 1981, mobil yang dipasarkan di AS masih menggunakan label Dodge atau Plymouth sebagai bagian dari perjanjian kerjasama dengan Chrysler Corporation.

Mitsubishi Motor Sales of America baru resmi berdiri dan beroperasi di Amerika Serikat secara mandiri pada tahun 1981. Hal ini menjadi momen bersejarah bagi Mitsubishi Motors di AS. Sebanyak 70 dealer pun berdiri di seantero Negeri Paman Sam sebagai bagian dari jaringan pemasaran mobil Mitsubishi di Amerika Serikat saat itu.

Outlander Mitsubishi Motors USA 40th Anniversary Edition

Untuk merayakan momen istimewa ini, Mitsubishi Motors meluncurkan Outlander dan Outlander PHEV edisi spesial 40th Anniversary Edition.

Kedua model Outlander Anniversary Edition ini dikemas dengan sangat istimewa. Mulai dari warna body, interior, emblem khusus hingga aksesoris yang diimbuhkan. Hmm…seperti apa detilnya?

Kemasan interior Outlander edisi khusus ini tampil dengan nuansa two-tone dari trim SEL Premium Package. Panel door trim terbalut anyaman kulit berwarna black dan saddle tan. Sementara plafon dan pilar pintu dilapisi kulit warna hitam. Seluruh jok pada Outlander maupun Outlander PHEV dibalut kulit semi-aniline. Pada konsol tengah terdapat emblem khusus “40th Anniversary Mitsubishi Motors USA” berwarna bronze.

Baca juga :  Mercedes-Benz EQE SUV Meluncur, Siap Diajak Off-road?

Sebagai pembeda dari Outlander biasa, body kedua varian edisi khusus ini dilabur warna khusus Black Diamond dan Bronze.

Fitur lain yang dibekalkan yakni sistem penggerak all-wheel drive S-AWC (Super All-Wheel Control) dan panoramic sunroof elektrik. Untuk fitur multimedia dan infotainment, kedua model dilengkapi sistem audio Bose Premium, Head-Up Display 10.8-inci, instrument digital 12.3-inci dan layar infotaintment 9-inci.

Mesin yang diusung Outlander varian bensin masih mengusung mesin bensin 2.5-liter 4-silinder segaris bertenaga 181 hp dengan torsi maksimum 245 Nm. Penyaluran daya ke roda melalui transmisi CVT dan penggerak all-wheel drive.

Label harga untuk Outlander 40th Anniversary Edition yakni $39.995 atau setara Rp 604 jutaan. Rentang perbedaan yang cukup jauh dari Outlander biasa yang harganya $27.595 atau sekitar Rp 416,8 juta.

Outlander PHEV 40th Anniversary Edition dilengkapi fitur yang ada pada trim SEL Premium Package dengan kelengkapan fitur tambahan yang sama seperti pada Outlander 40th Anniversary Edition. Model PHEV dibekali mesin 2.4-liter 4-silinder segaris, dipadukan 2 unit motor listrik sistem hybrid. Output gabungan yang dihasilkan yakni 248 hp dengan torsi 450 Nm.

Pada mode hybrid, jarak tempuh maksimum mampu mencapai 676 km. Sedangkan pada pengendaraan mode EV, baterai berdaya 20 kWh yang diusungnya dapat berkendara hingga 61 km.

Outlander PHEV 40th Anniversary Edition di AS dibanderol seharga $49.995 atau setara Rp 755 jutaan. Lebih mahal sekitar $10 ribu dari Outlander PHEV versi biasa. Pihak pabrikan tak merinci berapa banyak unit edisi khusus ini akan dipasarkan di Amerika Serikat.

Baca juga :  Hyundai Creta 2024 Mau Hadir, Ada Mesin Baru?

Perayaan 40 tahun Mitsubishi Motors di Amerika Serikat justru menjadi sebuah babak baru. Sejumlah rencana besar telah disiapkan Mitsubishi Motors untuk memperkuat posisi mereka di pasar otomotif kawasan Amerika Utara. Semoga hingga beberapa puluh tahun mendatang Mitsubishi Motors tetap eksis di pasar otomotif Amerika Serikat. Happy 40th anniversary Mitsubishi Motors USA…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x