Mitsubishi Ralliart Siap Hadapi Kompetisi AXCR 2022

3 November 2022 | 4:03 pm | Rizky Dermawan

Mitsubishi Motors Corporation menjadi salah satu peserta yang siap berlaga dalam AXCR.

Setelah dua tahun absen akibat pandemi COVID-19 di tahun 2020 dan 2021, ajang Asia Cross Country Rally atau dikenal sebagai AXCR kembali digelar di Kawasan Thailand dan Kamboja. Ajang ini menjadi kesempatan besar dan langkah penting bagi pereli Asia dalam menuju ajang reli terbesar yaitu Paris Dakar. Mitsubishi Motors Corporation menjadi salah satu peserta yang siap berlaga dalam ajang AXCR. 

Hadirnya AXCR sendiri menjawab para pereli dan tim di kawasan Asia yang ingin tampil dalam kejuaran reli kelas dunia namun tak berbeda dengan Paris Dakar. Reli tahunan yang diselenggarakan oleh R1 Asia memiliki konsep reli hanya digelar di berbagai negara Asia. Tantangan yang diberikan untuk seluruh peserta yakni medan berat mulai dari hutan, rawa, penyeberangan sungai dan juga gurun.

Dalam kompetisi AXCR, ketahanan mobil menjadi salah satu point penting untuk bisa mencapai hasil terbaik, serta kerja tim dalam mendukung pembalap mempersiapkan segala aspek mulai dari kendaraan serta kecepatan dalam perbaikan. Setiap tahun, Asia Cross Country Rally menghadirkan berbagai tantangan medan yang tersebar selama 6 hingga 9 hari dan mencakup dari 2.000 km hingga 4.200 km.

Terjunkan dua pereli andalan

Dengan menerjunkan dua pembalap andalannya, Rifat Sungkar pemenang Indonesian Sprint Rally Championship yang juga merupakan brand ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia. Serta Chayapon Yotha (Thailand), yang telah memenangkan Thailand Autocross Championship.

Baca juga :  Mengenal BYD M6 di Indonesia, Apa Yang Bikin Harganya Menarik?

Kedua pembalap ini akan didukung langsung oleh Mitsubishi Motors, dan menurunkan dua unit mobil reli Mitsubishi Triton yang akan berlaga di kategori grup T1 atau sebagai prototipe kendaraan lintas alam. Tim Mitsubishi Ralliart juga didukung oleh direktur tim, Hiroshi Masuoka, mantan pembalap yang juga merupakan juara Reli Dakar dua kali sekaligus engineer dari Mitsubishi Motors untuk memberikan dukungan teknis.

Sebelum turun di balapan resmi, Tim Mitsubishi Ralliart menggunakan mobil Triton telah melakukan tes uji ketahanan sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 hingga 31 Agustus. Berkat penyesuaian yang telah dilakukan tim Ralliart saat uji coba, dinilai Rifat Sungkar memuji impresi mobil dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Triton.

Performa Mitsubishi Triton terlihat bagus

Sementara, Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, berkomentar, “Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint. Chayapon juga memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya.”

Masuoka menambahkan, “Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid.”

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x