Mitsubishi Triton Ralliart Bakal Lahap Event AXCR 2022

19 August 2022 | 2:51 pm | Aldi Prihaditama

Mitsubishi Ralliart New Triton akan lahap rute 2.000 kilometer melalui medan alam yang unik di Asia Tenggara.

Mitsubishi Motors Corporation berencana turun di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang akan diadakan di Thailand, pada 21-26 November 2022. Unit yang bakal berlaga ialah Mitsubishi Ralliart New Triton AXCR, mobil tersebut juga dipamerkan di ajang GIIAS 2022.

AXCR adalah reli lintas alam dengan medan yang amat berat dan menantang. Hanya dengan membayangkannya saja, rute sepanjang 2.000 kilometer melalui medan alam yang unik di Asia Tenggara, cukup membuat kepala kami menjadi pening. Rute yang akan dimulai di Buriram, sebelah timur laut Thailand sebelum menyeberang ke Kamboja, dan berakhir di situs Warisan Dunia Angkor Wat. Eksotis memang, tapi Anda harus ingat, ini reli, bukan traveling…

Mitsubishi Ralliart New Triton AXCR 2022 yang akan dibesut oleh Rifat Sungkar itu sudah melakukan rangkaian uji coba ketahanan di rute jalan raya dan off-road di Thailand pada Juni 2022 silam. Ia pun mengklaim bahwa berbagai persiapan terkait perlombaan berjalan lancar dan sesuai harapan.

Nah, Mitsubishi Ralliart New Triton AXCR 2022 ini masuk ke dalam klasifikasi mobil reli Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), yang masuk pada golongan Group T1 (prototipe kendaraan lintas alam). Rifat bersama Julian Johan pun menilai ajang ini bisa mendapat banyak pelajaran dan pengalaman berharga.

Baca juga :  Suzuki Hustler Tough Wild, Varian Teratas Bagi Penyuka Petualang

“Komitmen Mitsubishi dan Ralliart adalah komitmen yang besar. Harapannya dari hasil yang kita ikuti karena ketahanan, akan turun jadi kendaraan yang lebih baik lagi di masa datang. Kenapa saya ajak Julian Johan, dari saya orang Indonesia, ini kesempatan emas untuk kita belajar banyak,” kata Rifat Sungkar.

“Ini reli yang belum pernah kita ikuti, namun sesuai dengan kondisi alam Asia Pasifik, banyak hutan dan banyak jalan berlumpur. Kehadiran Julian Johan akan cocok karena jadi technical advisor dan akan melihat apakah memungkinkan juga untuk bisa kita terapkan untuk event motorsport Indonesia. Ini kesempatan kita untuk belajar dan karena saya bersama Mitsubishi ada banyak hal yang dapat saya lakukan di bidang motorsport,” imbuhnya.

“Partisipasi untuk motorsport ini diprakarsai oleh Ralliart dan dibawah pimpinan Hiroshi Masuoka. Pemenang reli Dakar tahun 2002 dan 2003. Tim Mitsubishi Ralliart ini mau mencoba kekuatan dari Triton dari partisipasi lintas negara di Asia,” papar General Manager of Marketing Communication & PR Division PT MMKSI, Intan Vidiasari.

Berdasarkan spesifikasi model dobel kabin, maka kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya telah dibuat menjadi ringan, sedangkan bodi mobil telah diperkuat dengan roll cage serta underguard.

Karena DNA dari Mitsubishi itu sendiri sebenarnya mengarah ke karakter sporty. “Akan ada dua unit Mitsubishi Triton Ralliart AXCR, dimana salah satunya akan dikendarai oleh Rifat Sungkar,” kata Intan.

Baca juga :  BMW XM Mystique Allure Gemparkan 77th Cannes Film Festival

Suspensi yang dipasang juga khusus untuk kebutuhan reli sehingga memberikan karakteristik pengendalian jauh lebih baik dan durabilitas lebih tinggi. Untuk mesinnya, Triton versi reli ini dibekali mesin turbodiesel 4 silinder 4N15 MIVEC turbo diesel 2.442 cc bertenaga 178 hp dan torsi 430 Nm.

Settingan mesin tersebut difokuskan untuk mereduksi gesekan antar komponen internal mesin dan bobot kendaraan, serta meningkatkan respons pada rentang kecepatan sedang, yang sering digunakan dalam event reli. Lebih lanjut, modifikasi kedap air juga mutlak dilakukan, seperti penguatan pada seal dan pengoptimalan snorkel saluran masuk udara menuju mesin.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x